ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
02 Agustus 2018, 08:08

Peningkatan Kualitas Website, Langkah ITS menuju World Class University

Oleh : itsmis | | Source : -

Rektor ITS (tengah) dan para pimpinan ITS (duduk) berfoto bersama Tim Website dan Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI). ITS kian serius dalam memperbaiki website untuk menunjang world class university.

Surabaya, ITS News – Sebagai perguruan tinggi bertaraf internasional, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terus berupaya memberikan layanan informasi terbaik mengenai ITS bagi masyarakat luas melalui situs resminya yaitu www.its.ac.id. Pada Selasa (31/7), bertempat di Hotel Vasa Surabaya, di bawah naungan Sekretaris Institut (Sekits), Tim Website ITS bersama Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI) mengadakan Workshop Migrasi Website Departemen ITS.

Sekretaris ITS, Dr Dra Agnes Tuti Rumiati MSc mengatakan, diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan layanan informasi yang menyeluruh bagi masyarakat yang akan mengakses informasi seputar ITS. Sehingga pusat informasi tidak hanya berpusat di website utama ITS, namun informasi lengkap juga terdapat di situs resmi masing-masing departemen yang ada di ITS.

“Dari sisi konten kita (ITS,red) ini sudah dianggap nasional dan bahkan internasional. Dahulu dan sekarang perubahan web kita sangat signifikan, karena ITS juga belajar dari mengamati website dalam skala internasional,” tutur perempuan yang sering disapa dengan Bu Sekits ini.

Selain itu diharapkan adanya migrasi website ini nantinya dapat memberikan nilai maksimal pada penilaian Webometrics. Webomatrics adalah salah satu sistem untuk mengukur atau memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh perguruan tinggi terbaik di dunia (World Class University) melalui website perguruan tinggi tersebut. “Sehingga peningkatan dan pengembangan website ini juga menjadi salah satu upaya kita dalam menuju World Class University,” tandasnya.

Upaya ini juga dilakukan sebagai langkah ITS untuk mempertahankan kualitas baik website ITS. Mengingat pada awal tahun lalu ITS juga berhasil menyabet peringkat dua dalam ajang Anugerah Humas Perguruan Tinggi Negeri dan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) 2018 kategori website.

Sekretaris ITS, Dr Dra Agnes Tuti Rumiati MSc saat memberikan pengarahan kepada para peserta workshop.

Dalam acara tersebut Agnes juga menyampaikan, setelah acara yang dilaksanakan selama dua hari hingga Rabu, tanggal (1/8) ini, nantinya diharapkan website masing-masing departemen akan mengikuti standardisasi website utama. Perubahan-perubahan yang ada pada tampilan website resmi ITS nantinya, terjadi pada menu-menu utamanya. Akan ada menu umum, menu khusus bagi calon mahasiswa, alumni ITS dan juga untuk orang tua mahasiswa. “Karena kami ingin memberikan tempat untuk orang tua, sehingga mereka dapat melihat perkembangan anaknya ketika kuliah di ITS,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja, ketika sudah siap nantinya, website ITS juga akan berisi menu ‘Industri’. Di mana menu tersebut berisi produk-produk ITS yang siap hilirisasi. Hilirisasi pada intinya mengantarkan hasil riset perguruan tinggi bisa masuk ke sektor Industri. “Para perusahaan atau jejaring-jejaring ITS akan dapat mengakses menu tersebut, untuk melihat hasil karya ITS,” katanya.

Rencananya setelah acara ini selesai dilaksanakan, masing-masing website departemen akan dilombakan. Sehingga semangat perubahan lebih baik untuk meningkatkan kualitas website akan lebih terpacu dengan adanya lomba website di internal ITS ini. “Setelah itu website terintegrasi ITS ini akan kami launching pada momen Dies Natalis ITS November nanti,” terangnya.

Para peserta yang merupakan perwakilan dari admin website dan dosen dari berbagai departemen di ITS nampak antusias dalam mengikuti workshop.

Senada dengan Sekretaris Institut, Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana, MScES PhD menyampaikan, ITS menempatkan posisi yang serius dalam pembenahan website. Pasalnya, selain memberikan informasi yang komprehensif untuk masyarakat, banyak lembaga pemeringkatan yang mendasarkan metodologi penilaiannya pada kualitas website universitas. Sebagai contoh adalah Webometrics, yang menilai popularitas universitas berdasarkan website. ITS saat ini menduduki peringkat delapan di Indonesia dalam pemeringkatan Webometrics. Sedangkan lembaga lain seperti 4ICU menempatkan ITS di posisi yang tidak menguntungkan.

Hal ini, kata Joni, berdasarkan tim investigasi yang dibentuk, diindikasikan oleh banyaknya gang yang ada di website ITS. Faktanya, saat ini website departemen di ITS belum terintegrasi dalam satu domain, sehingga volumenya  nampak tidak besar. ”Ke depan jika semua website sudah terintegrasi dalam satu domain, mungkin kita bisa naik setidaknya di peringkat tiga besar di Indonesia,” harapnya optimis. (Humas ITS)

Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana saat memberikan sambutan dalam Workshop Migrasi Website ITS.

Berita Terkait