ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
27 Agustus 2018, 02:08

Tingkatkat Kualitas, Teknik Mesin Industri ITS Gandeng NTUST

Oleh : itsrur | | Source : ITS Online

Dedy Zulhidayat Noor ST MT PhD (kiri) Sekretaris DTMI Bersama Profesor Po Ting Lin (kanan) Perwakilan Dari NTUST Saat Sosialisasi Program Department of Mechanical Engineering (TYBD-ME).

Kampus ITS, ITS News – Pasca ditutupnya program Lintas Jalur (LJ) di beberpa Perguruan Tinggi, Departemen Teknik Mesin Industri (DTMI) Fakultas Vokasi ITS terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya. Salah satunya melalui Two-Year Bachelor’s Degree Program Department of Mechanical Engineering (TYBD-ME) atau setara dengan program Strata 1 (S1).

Program tersebut bekerjasama dengan National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) Taiwan yang ditujukan untuk mahaiswa di negara anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) yang telah menempuh studi Diploma 3 (D3). “Kuota yang diberikan sebanyak 35 mahasiswa, namun kami dari pihak DTMI telah menandatangani Momerandum of Undestanding (MoU) untuk menerima 20 mahasiswa dari ITS,” ujar Dedy Zulhidayat Noor ST MT PhD, Sekretaris DTMI.

Terdapat lima fokus bidang studi, diantaranya Design and Mechanics Division, Manufacturing Division, Thermal Science and Fluid Mechanics Division, System Control Division, dan Material Science Division. “Melihat hal tersebut program ini sangat dianjurkan bagi mahasiswa vokasi dari Teknik Mesin, Teknik Instrumentasi, dan Teknik Elektro. Selain itu, program ini juga terbuka untuk Departemen Teknik Kimia,” tuturnya.

Pria yang merampungkan gelar Doktornya di NTUST ini menambahkan, program tersebut akan dilaksanakan mulai musim gugur 2018 sampai musim semi 2020. “Mahasiswa akan menjalani tiga semester masa perkuliahan dan program magang industri disemester akhir,” jelasnya.

Selain itu pihak NTUST memberikan beberapa keringanan bagi para pendaftar dari ITS, diantaranya dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) bila belum mendapat ijazah dan beasiswa pendidikan sebesar 30 persen bagi mahasiswa terbaik.

Diakhir, pria yang akrab disapa Dedy ini menambahkan dengan segera diresmikannya program Diploma 4 (D4) Teknik Mesin Industri, kedepannya akan mengembangkan kerjasama pendidikan untuk program Double Degree. (rur/ifa)

Foto Bersama Peserta Sosialisasi Program Department of Mechanical Engineering (TYBD-ME).

Berita Terkait