ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
24 September 2018, 21:09

Medical Center ITS Ajak Tingkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Oleh : itsmis | | Source : -

Lambang Bargowo drg MKes Perio (K) sedang memaparkan materi mengenai solusi gigi goyang dan pencegahannya.

Kampus ITS, ITS News – Badan Survei Kesehatan Nasional (SURKENAS) mengungkapkan masalah gigi berlubang merupakan masalah tertinggi di semua usia, disusul oleh penyakit gusi atau jaringan penyangga gigi. Menanggapi hal tersebut, Medical Center ITS melangsungkan seminar kesehatan gigi dan mulut. Mengundang Lambang Bargowo drg MKes Perio (K), acara ini mengajak membagi pengetahuan perkara pencegahan dan pengobatan gigi dan mulut, Sabtu (22/9).

Lambang, sapaan akrabnya, mengungkapkan penyakit gigi dan mulut merupakan masalah yang penting dan harus disadari sejak dini. Ia juga mengatakan, penyakit mulut tertinggi disebabkan oleh lubang pada gigi. Yang sering dilupakan oleh masyarakat adalah masalah radang gusi dan gigi goyang. “Dalam dua kasus tersebut, rasa sakit yang tidak spontan membuat masyarakat mengabaikan masalah tersebut. Dampaknya, sering terjadi keluhan yang sama dan cenderung terlambat untuk ditangani,” jelasnya.

Antusiasme peserta yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat juga bisa dirasakan. Banyak tanggapan, pertanyaan, hingga masalah-masalah yang berkaitan dengan gigi dan mulut yang coba untuk dicari penyelesaiannya. Terutama dari kalangan masyarakat paruh baya yang merasakan keluhan ini.

Kegiatan yang dihadiri dari berbagai lapisan masyarakat ini, secara resmi dibuka oleh drg Dwi Nur Handani sebagai ketua panitia dari kegiatan seminar ini. Ia menjelaskan bahwa kegiatan seminar ini rutin diadakan setiap tahunnya oleh poli gigi dan juga poli umum.

Menurutnya, masyarakat belum banyak pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut. “Tema ini belum pernah dipaparkan sebelumnya, namun banyak kasus yang terjadi pada gigi goyang sehingga dirasa perlu untuk mengedukasikan pada masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut terutama untuk dirinya sendiri,” pungkas Handayani. (ion15/gol).

Berita Terkait