ITS News

Sabtu, 05 Oktober 2024
27 September 2018, 22:09

Ini Hasil Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Mitra ITS

Oleh : itsmis | | Source : -

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Perguruan Tinggi Mitra ITS

Rektorat ITS, ITS News – Lebih kurang lima bulan terakhir, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah ikut ambil bagian dalam Program PT Asuh Menuju Prodi Unggul. Program dari Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) ini memberikan kesempatan bagi ITS untuk berbagi ilmu kepada perguruan tiinggi yang masih merintis program studinya. Oleh karena itu, diselenggarakan pula monitoring dan evaluasi terhadap berjalanya program tersebut, Rabu (26/9).

Ini merupakan kali kedua ITS ikut serta dalam usaha peningkatan mutu program studi perguruan tinggi yang diinisiasi oleh Kemenristekdikti ini. Pada tahun ini, bimbingan yang diberikan ITS terhadap lima perguruan tinggi mitranya dinilai sudah menunjukan hasil yang cukup signifikan. Perguruan tinggi asuhan ITS telah mampu menghasilkan dokumen-dokumen pendukung sendiri, yang nantinya berguna dalam proses transformasi program studinya untuk menjadi lebih unggul.

Empat perwakilan dari Kemenristekdikti yang datang pada monitoring dan evaluasi program ini menyampaikan, yang sebenarnya menjadi tantangan pada usaha ini adalah soal bagaimana membudayakan mutu di setiap perguruan tinggi. Karena hal tersebut sangat bergantung dengan waktu, maka diharapkan apa yang dilakukan selama ini jangan sampai terputus setelah program berakhir.

Di sisi lain, Kepala Kantor Penjaminan Mutu (KPM) ITS, Prof Dr Ir Aulia Siti Aisjah MT sepakat akan penilaian di atas. Ia juga sadar bahwa untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan tidak lanjut pasca program. “Setiap perguruan tinggi dalam bimbingan di program ini pastinya butuh jangka waktu yang lebih lagi agar benar-benar bisa meningkatkan status akreditasinya,” tutur dosen Departemen Teknik Fisika ini.

Meski demikian, kelima mitra ITS sudah merasa sangat terbantu untuk meningkatkan kualitas mereka masing-masing. Salah satunya Universitas Darul Ulum Jombang yang sebelumnya sudah pernah menjalin hubungan dengan ITS. “Kami sejak 2010 mencoba bangkit dari ketertinggalan, dan ITS melalui program ini sangatlah membantu kami. Layaknya bantuan ITS pada kami pada beberapa tahun silam,” ungkap Koordinator Perwakilan Universitas Darul Ulum, Drs H M Faiqul Ikhsan MSi. (yok/owi).

Berita Terkait