ITS News

Sabtu, 05 Oktober 2024
30 September 2018, 00:09

Selenggarakan Job Training, Himasiskal Keluarkan Sertifikasi Keahlian

Oleh : itsmis | | Source : -

Sugiyatno, Welding Inspector dari INLASTEK sedang memberikan materi pada peserta Job Training Marine Icon 2018

Kampus ITS, ITS News – Di era global, sertifikasi keahlian menjadi kebutuhan bagi lulusan perguruan tinggi, terutama mereka yang mempelajari bidang teknik. Menanggapi hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan(HIMASISKAL) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggandeng perusahaan las INLASTEK untuk menyelenggarakan job training di bidang pengelasan (welding) di Gedung National Ship Design & Engineering Center (NASDEC)-ITS. Diadakan dua hari sejak Jum’at (28/9), acara ini juga memberikan sertifikasi nasional kepada peserta.

Job Training kali ini berfokus pada bidang pengelasan (welding) yang merupakan salah satu keahlian yang dipelajari di Departemen Teknik Sistem Perkapalan. Mendatangkan dua pemateri, yakni Sugiyatno, seorang welding Inspector dari INLASTEK dan Ir Slamet Subagyo, Vice President Indonesia Welding Society (IWS), mahasiswa diajak belajar tentang cacat pada pengelasan dan mesin dan teknik dalam pengelasan.

Luaran dari job training ini ialah sertifikasi keahlian berstandar nasional. Sertifikasi ini nantinya dapat digunakan pada saat melamar kerja. Karena dengan sertifikasi keahlian, mahasiswa mempunyai bukti atas kemampuan dan keterampilannya dalam suatu bidang keahlian tersebut. “Di samping itu, saat ini beberapa pekerjaan juga menjadikan sertifikasi keahlian sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk rekrutmen pegawai atau karyawan,” Prajna, Ketua Panitia Job Training Marine Icon 2018.

Kegiatan ini diprioritaskan untuk mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan FTK-ITS, tetapi juga dibuka untuk umum. Job Training ini diikuti oleh total 60 peserta dari berbagai jurusan di ITS, beberapa dari universitas lain seperti Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro dan beberapa alumni yang sudah bekerja. “Kami mencoba untuk menjadi pionir dalam hal sertifikasi ini, diharapkan departemen lain dapat menyelenggarakan sertifikasi yang lainnya juga,” ucap mahasiswa angkatan 2015 ini.

Menindaklanjuti acara ini, Departemen Teknik Sistem Perkapalan juga akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan INLASTEK. Nantinya INLASTEK akan menjadi Approval Training Body (ATB) dimana trainer bisa berasal dari ITS dan penguji dari INLASTEK. “ Selain itu, manfaat lainnya adalah mahasiswa bisa mendapatkan sertifikasi dengan biaya yang relatif rendah,” pungkas Prajna. (ion25/gol)

Berita Terkait