ITS News

Sabtu, 05 Oktober 2024
12 Oktober 2018, 02:10

Peran Pengendalian Mutu dalam Dunia Kerja

Oleh : itsmis | | Source : -

Foto bersama Pemateri Kuliah Tamu Pengendalian Mutu (Quality Control) Widia Anggia Vicky ST dengan peserta

Kampus ITS, ITS News – Membangun lebih mudah daripada memelihara. Pepatah yang berarti susahnya untuk menjaga mutu agar sama seperti waktu awal produksi. Atas dasar tersebut, Himpunan Mahasiswa Teknik Material (HMMT) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar kuliah tamu bertajuk The Importance of Quality Control for Material Engineering, Jumat (5/10).

Dengan mendatangkan seorang Quality Control (QC atau pengendali mutu, red) dari PT Indospring yaitu Widia Anggia Vicky ST, acara yang terbuka untuk umum tersebut juga ditujukan secara khusus kepada seluruh anggota HMMT tahun keempat. Pembicara perempuan itu memaparkan, dalam dunia kerja, peran dari seorang pengendali mutu sangatlah penting. “Karena bila mutu dari produk suatu perusahaan tidak terjaga, sudah dapat dipastikan akan kehilangan banyak konsumen dan ancaman untuk gulung tikar semakin besar,” ujarnya.

Umumnya, dalam suatu perusahaan terdapat tiga macam pengendalian mutu. Adalah Quality Control (QC), Quality Assurance (QA), dan Quality Management System (QMS) yang ketiga-tiganya memiliki peran dan tugas masing-masing. Garis besar dari tugas mereka adalah menjaga mutu dari suatu perusahaan. “Hal tersebut dikarenakan apabila perusahaan memiliki mutu yang baik atau bahkan diakui oleh lembaga internasional, maka kepercayaan dari konsumen akan tetap terjaga atau sangat mungkin untuk meningkat. Sehingga perusahaan itu akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar,” papar Widia, sapaannya.

Perempuan yang juga alumni dari Departemen Teknik Material dan Metalurgi ITS tersebut menceritakan, akan banyak hal – hal berbeda yang akan dijumpai dalam dunia kerja dibandingkan dengan kehidupan perkuliahan. Sebab, suatu perusahaan pasti sudah memiliki harapan yang besar kepada para sarjana teknik yang akan bekerja. Untuk itu, menurut Widia, penerapan ilmu-ilmu yang dipelajari dalam perkuliahan menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja baru.

Ketua Pelaksana yang juga merupakan Staff HMMT, Mahanaim Nicolas Samuel menjelaskan, selain memberi wawasan tentang pengendalian mutu, kegiatan kuliah tamu seperti ini juga akan mengenalkan sedikit pengalaman-pengalaman pada dunia kerja. “Dengan demikian bisa diharapkan kepada para mahasiswa yang akan melamar pekerjaan untuk bisa memiliki pengetahuan dan persiapan yang lebih luas tentang dunia kerja,” tuturnya.(ion21/owi)

Berita Terkait