ITS News

Jumat, 27 September 2024
12 Mei 2005, 10:05

Campus Agreement Beri Kemudahan Operasional Kampus

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Penandatanganan Campus Agreement yang dilakukan antara ITS dengan Microsoft sudah setahun berlalu. Namun pemanfaatan hasil dari kesepakatan ini masih belum maksimal. Karena itulah dilakukan sosialisasi dan optimasi pemanfaatan Microsoft Campus Agreement di ITS, oleh Microsoft dan ITS, Rabu (11/5) kemarin.

Hasil kesepakatan berupa hak memperoleh kemudahan dalam pemanfaatan software dari Microsoft, memang terbatas hanya bagi staf pengajar dan dosen. Pernyataan ini dilontarkan oleh Antonius Susanto, Direktur Microsoft of East Java. Hak-hak yang diperoleh yaitu menggunakan software-software yang dipilih kampus untuk kepentingan operasional dan administrasi. Serunya, software ini boleh digunakan untuk komputer di rumah. “Mungkin, mereka membuat soal atau presentasi di rumah, itu juga termasuk kepentingan operasional,” katanya.

Bagi ITS sendiri, banyak manfaat yang bisa diperoleh dari Campus Agreement. Diantaranya, harga software menjadi sangat murah. Diskon untuk pendidikan sebesar 95 persen. “Misalkan di luar dijual 1000, ITS cuma beli 50,” ujar Antonius memberikan contoh. Karena ITS telah berstatus langganan, maka bila ada up date terbaru pasti akan dikirimi.

Sedangkan untuk keperluan mahasiswa, Microsoft menyediakan satu program MSDN AA. Namun, program ini hanya khusus untuk laboratorium saja. Mahasiswa boleh menggunakannya selama ia masih kuliah di ITS. Ketentuan ini tidak berlaku bagi mahasiswa yang telah lulus kuliah. Hukuman akan diberikan pada siapa saja yang melanggar ketentuan ini. Karena itu, kepercayaan dibutuhkan diawal. “Adik-adik mahasiswa harusnya sadar apa yang terjadi bila tidak patuhi aturan,” ungkap Antonius di akhir penjelasannya (th@/rin)

Berita Terkait