ITS News

Jumat, 27 September 2024
10 Mei 2005, 14:05

Gunting Pita, Robot Pengantar Ngambek

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sudah merupakan tradisi tiap tahunnya, di Kampus ITS diselenggarakan pekan ilmiah. Kali ini PIMITS 8 akan dilangsungkan hingga Jumat (13/5). Format kegiatan BEM ITS ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Namun terlihat perbedaan mencolok pada saat pembukaan. Pembukaan Senin (9/5) kemarin dilangsungkan pagi, tidak seperti yang lalu yang dilangsungkan pada malam hari.

Dalam PIMITS 8 ini diharapkan terjadi ledakan ide-ide inovatif, sesuai dengan temanya Membangun Bangsa Melalui Inovasi-inovasi Mahasiswa ITS. Seperti yang diungkapkan ketua panitia, Topo Srianto, dalam pembukaan,“ Pada PIMITS ini diharapkan terdapat inovasi-inovasi baru yang lebih maju dari mahasiswa ITS.”

Acara permbukaan dihadiri beberapa pejabat ITS, termasuk Rektor Prof Dr Mohammad Nuh DEA, Pembantu Rektor III Dr Ir Achmad Jazidie Meng, beberapa dekan dan pembantu dekan, serta direktur politeknik. Hadir juga ketua-ketua himpunan mahasiswa jurusan. Presiden BEM ITS yang baru saja dilantik juga turut memberikan sambutan.

Setelah Rektor ITS memberikan sambutan, dilanjutkan dengan sajian Tari Remo sebelum pemotongan pita. Acara pemotongan pita ini pun unik tak lepas dari teknologi. menurut rencana, ada sebuah robot pengantar Rektor ITS yang turut berpartisipasi. Namun terjadi sedikit kesalahan, mestinya gunting yang akan digunakan Rektor ITS membuka acara diserahkan oleh sebuah robot, tapi ternyata robot itu rusak. Tim pembuat robot dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya ITS itu juga tidak mengetahui kesalahan apa yang terjadi.

Hari pertama kemarin, dilaksanakan dua agenda utama PIMITS 8, yaitu Presentasi Karya Ilmiah Mahasiswa (Prima) dan Kontes Robot. Selanjutnya agenda yang lain seperti service gratis sepeda motor, lomba poster, karikatur, dan foto, Open House dan beberapa agenda utama lain dilangsungkan di hari selanjutnya.

Pembukaan PIMITS 8 kemarin terlihat cukup ramai meski tidak seramai dibandingkan tahun sebelumnya, sebab ada jurusan yang tidak berpartisipasi dalam PIMITS 8 kali ini. (ech/tov)

Berita Terkait