ITS News

Selasa, 01 Oktober 2024
19 Juli 2005, 08:07

Surabaya Futsal Championship Telah Usai

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Even Surabaya Futsal Championship yang diadakan UKM Sepak Bola ITS telah bergulir selama dua minggu penuh (4-18/7). Setelah melewati rangkaian pertandingan, akhirnya kemarin malam (18/7) secara resmi diumumkan jawara-jawara dari ajang ini. Juara satu berhasil diraih tim dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA), juara ke dua diraih tim undangan Indosat dan juara ketiga jatuh kepada tim dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN). Sedang pencetak gol terbanyak jatuh kepada Rizal dari Tim UPN dengan mengantongi 26 gol.

Selain hadiah berupa piala dan sejumlah uang, pihak penyelenggara juga menjanjikan akan mempromosikan tim delapan besar untuk dapat berlaga di Liga Divisi Utama Jawa Timur. ”Kita akan merekomendasikan delapan besar untuk dapat bermain mewakili Surabaya di ajang yang lebih besar, Liga Futsal Divisi Utama Jawa Timur,” ujar Tri Priyo Ambudi selaku ketua panitia Surabaya Futsal Championship.

Sementara itu dalam pidato penutupan Surabaya Futsal Championship, PR III ITS Dr Ir Achmad Jazidie MEng mewakili Rektor ITS mengatakan dalam suatu pertandingan menang dan kalah adalah urusan kedua. Lebih lanjut, Jazidie merasa bangga dengan terselenggaranya turnamen ini. ”Yang terpenting dari pertandingan adalah kerjasama dan persaudaraannya. Dan selain sukses dalam penyelenggaraan, turnamen ini ternyata juga sukses menciptakan persaudaraan itu,” kata Jazidie.

Rangkaian pertandingan Surabaya Futsal Championship secara resmi ditutup PR III ITS dan ditandai dengan pesta kembang api. Selain itu juga dimeriahkan dengan penampilan musik oleh dua band lokal Surabaya, Infra Red dan Black Icon.

Berawal dari Rasa Iri dengan Futsal di Ibukota
Bicara mengenai Surabaya Futsal Championship yang meski telah usai, ternyata menyisakan banyak kenangan manis di pihak panitia penyelenggara, UKM Sepak Bola dan Futsal ITS. Hal itu diungkapkan Priyo, ketua dalam even futsal besar se-Surabaya ini. ”Secara keseluruhan, panitia telah mengonsep even ini selama empat bulan,” terang mahasiswa Teknik Material angkatan 2000

Lebih lanjut, dikatakan Priyo, terciptanya ide untuk mengadakan even Surabaya Futsal Championship berawal dari rasa iri melihat futsal di ibukota yang telah berkembang. ”Di ibukota sudah banyak diselenggarakan turnamen pertandingan futsal resmi, sementara di Surabaya belum ada even seperti itu,” ungkapnya.

Bak gayung bersambut, selesainya pembangunan lapangan futsal outdoor hasil kerjasama ITS dan PLN cabang Jawa Timur, bagi Priyo dan rekan-rekannya menjadi momen yang tepat untuk penyelenggaraan turnamen futsal resmi se-Surabaya. Setelah melewati proses lobi ke berbagai pihak yang cukup mulus, akhirnya disepakati diadakannya Surabaya Futsal Championship dalam rangka peresmian lapangan futsal outdoor ITS. Sponsor pun bisa dikatakan membanjir.

Saat ini di ITS belum ada UKM Futsal yang secara khusus menaungi para penggemar futsal. Dikatakan Priyo, saat ini penggemar futsal di ITS berjumlah puluhan orang dan masih tergabung dalam naungan UKM Sepak Bola ITS. ”Tahun lalu kita telah mencoba mengajukan proposal terbentuknya UKM Futsal ITS kepada LMB namun gagal karena masih ada kekurangan dalam proposal. Rencananya tahun depan kita akan berusaha mengajukannya lagi,” kata mahasiswa yang akan sidang tugas akhir tanggal 27 juli besok ini bersemangat.(asa/rin)

Juara Surabaya Futsal Championship :
Juara Piala + Rp. 1.500.000 Tim UNESA
Juara II Piala + Rp. 1.000.000 Tim Indosat
Juara III Piala + Rp. 700.000 Tim UPN

Top Scorer Piagam + Rp. 100.000
Rizal dari Tim UPN, total 26 Gol

Berita Terkait