ITS News

Minggu, 29 September 2024
04 Agustus 2005, 16:08

ITS Inisiatif Buat Layanan Info PETIS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ketua Pelaksana Program Informasi Perguruan Tinggi Swasta (Info PETIS), Fajar Baskoro Skom MT mengungkapkan, layanan baru darii Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini memfasilitasi Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta untuk memberikan info kepada calon mahasiswa. "Info ini adalah tindak lanjut dari sistem PSB online kemarin," terangnya.

Menurut Dosen Teknik Informatika ini, layanan info PETIS berupa sarana papan pengumuman virtual yang dapat diisi oleh kalangan dunia pendidikan tinggi di Surabaya serta bisa diakses oleh calon mahasiswa membutuhkan informasi tentang Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di tanah air melalui layanan Short Message Service (SMS) dan web internet. “Dua cara yang bisa digunakan yaitu SMS dan Online,” kata dosen yang akrab dipanggil Fajar ini.

Nantinya, program ini akan melibatkan dua pihak pengguna yaitu Perguruan Tinggi (PT)
sendiri dan orang tua atau calon mahasiswa pendaftar. “Bagi PT yang ingin memberikan info yang up to date cukup buat word atau Excell, lalu email-kan ke kita,” ujar dosen yang punya email baskoro@its-sby.edu. Fasilitas info PETIS memang memberikan layanan kepada kampus swasta yang ingin memanfaatkan media ini. Bahkan, Fajar mengungkapkan tidak ada pungutan apapun untuk memperoleh layanan itu. "Nanti, informasi dari mereka akan kita masukkan dalam fasilitas kami," imbuh pria berkacamata ini.

Sedangkan untuk calon mahasiswa bisa memperoleh informasi tentang PTN, PTS, D3 ataupun Poltek, bahkan hasil SPMB. Peminat bisa mengakses melalui dua cara. Untuk SMS, mereka cukup mengirimkan pesan ke 9168. Peserta SPMB tidak perlu susah-susah datang ke tempat pengumuman. Cukup melalui SMS dengan tarif sebesar Rp 700 per SMS. "Bisa diakses mulai besok, Jumat, jam sepuluh malam," jelas Fajar. Tinggal ketik: info_spmb_nomorSPMB. Pilihan lain, dapat membuka situs www.info.web untuk akses situs. “Di Internet sudah mulai ada jam 18.00,” imbuh pria berambut lurus ini.

Layanan info PETIS memiliki sepuluh fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh calon mahasiswa maupun para peserta SPMB. Termasuk informasi pasca pengumuman SPMB bagi calon mahasiswa yang diterima maupun yang gagal masuk SPMB. Bagi yang gagal, layanan ini memberikan fasilitas berupa informasi seputar perguruan tinggi yang tersebar di Surabaya. "Cukup kirim SMS atau mengakses web, calon mahasiswa bisa mendapat informasi seputar perguruan tinggi swasta di Surabaya. Diantaranya info tentang fasilitas kampus, biaya pendaftaran, syarat daftar ulang, dan beberapa hal yang berkaitan dengan proses pendaftaran di perguruan swasta," tandas Fajar. Untuk SMS ke nomor 9168 akan dikenai tarif Rp 2000 per-akses sms.

Sementara bagi calon mahasiswa yang lulus SPMB juga bisa mencari informasi tentang pelaksanaan daftar ulang di perguruan tinggi yang dituju. Jika melalui SMS, caranya ketik : info_spmb_daftar ulang_NamaPTN.

Dalam operasionalnya, ITS menggandeng beberapa operator seluler dan Internet Service Provider (ISP). ‘’Sudah Online, mulai sekarang sudah bisa diakses,” imbuh anggota RIMA-ITS. Untuk tanggal 1-5 Agustus, pihaknya akan melayani info SPMB dan PTN. “Seterusnya bisa juga untuk PTS,”kata Fajar. Dengan layanan berbasis IT ini, ia mengharapkan adanya perubahan paradigma. "Harapan saya paradigma terhadap IT tidak harus mahal, tapi kita bisa memanfaatkan sarana yang ada sesuai kebutuhan,” pesan Fajar mengakhiri wawancara, Kamis (4/8).(th@/rin)

Berita Terkait