ITS News

Minggu, 29 September 2024
01 September 2005, 09:09

OMB PENS ITS Putar Film Perjuangan Kemahasiswaan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Berbeda dengan pelaksanaan Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) di lingkungan kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, pelaksanaan OMB di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS boleh diacungi jempol. Mereka membuat terobosan baru diantaranya dengan melakukan pemutaran film tentang perjuangan kemahasiswaan.

”Saya memang memberi masukan agar panitia punya ide baru untuk menjelaskan pentingnya lembaga kemahasiswaan, tapi jangan bercerita tentang bagaimana lembaga kemahasiswaan yang ada saat ini, karena itu tidak menarik, tapi coba bercerita tentang bagaiaman perjalanan perjuangan kemahasiswaan dari waktu ke waktu. Atas usul saya itu akhirnya panitia mencoba mencarikan film tentang itu,” kata Asdir III PENS ITS, Tri Budi ST, MT, Rabu (31/8) siang.

Hasilnya, kata Tri Budi, cukup menarik dan mahasiswa baru lebih antusias mengikuti acara itu. ”Dan ternyata bukan hanya itu yang diberikan panitia OMB PENS di dalam mencari terobosan, mereka juga memberikan materi tentang penyalahgunaan narkoba dengan mengundang para ahli dari luar. Bekerja sama dengan Satlantas Surabaya Timur, panitia juga memberikan materi dan wawasan bagaimana cara berlalu lintas dengan baik dan benar,” kata Tri Budi.

Apa yang dilakukan para mahasiswa itu diakui Direktur PENS ITS, Dr Ir Titon Dutono MEng, sebagai bagian dari kepedulian mahasiswa terhadap lingkungannya, dan itu memang yang ingin disampaikan dalam materi OMB. ”Memang sepintas terasa aneh dan kekanak-kanakan jika seorang mahasiswa masih diberi penjelasan tentang tata cara berlalu lintas, tapi saya katakan itu kondisi riil yang dihadapi para mahasiswa PENS yang lokasi kampusnya berhadapan langsung dengan jalan raya ITS,” katanya.

Lagi pula, Titon menambahkan, masyarakat kita saat ini memang masih pada kondisi untuk selalu diingatkan. ”Karena itu saya mendukung jika pada materi OMB mereka diingatkan tentang tata cara berlalu lintas, sehingga saya katakan itu bukan hanya konsumsi anak-anak TK atau SD, tapi juga konsumsi mahasiswa termasuk para pengajar yang memang selalu harus diingatkan tentang berlalu lintas yang benar,” katanya.

Selain pemutaran film, penjelasan tentang bahaya narkoba serta penjelasan tentang tata cara berlalu lintas, OMB di PENS ITS juga diisi dengan acara penanaman pohon (penghijauan). ”Kegiatan ini merupakan rangkaian dari pencanangan penghijauan yang dilakukan ITS, dan kami sengaja mengajak mahasiswa baru untuk terlibat didalamnya agar mereka juga punya kesadaran sama tentang bagaimana merawat dan melakukan penghijauan diseputar kampus,” kata Tri Budi menambahkan. (Humas/rin)

Berita Terkait