ITS News

Sabtu, 05 Oktober 2024
09 Maret 2019, 23:03

Kolaborasi dengan ITS, ABS Kucurkan Beasiswa untuk Mahasiswa

Oleh : itshen | | Source : http://www.its.ac.id/

Penyerahan beasiswa secara simbolis oleh perwakilan ABS kepada mahasiswa ITS

Kampus ITS, ITS News – Resmi bekerjasama dengan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, The American Bureau Shipping (ABS) kembali memberikan beasiswa kepada mahasiswa ITS. Beasiswa ini diberikan kepada 12 mahasiswa dari empat departemen, yakni Departemen Teknik Perkapalan, Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Departemen Teknik Kelautan, dan Departemen Transportasi Laut.

Menurut Dekan Fakultas Teknologi Kelautan, Prof Ir Achmad Zubaidi MEng PhD,  beasiswa tahunan ini terlahir dari kerjasama FTK dan ABS di 2012. Tujuannya adalah sebagai bentuk apresiasi bagi mahasiswa yang berprestasi. Selain itu, diharapkan beasiswa tersebut dapat membantu mahasiswa agar dapat lulus tepat waktu. “Kerjasama ini tidak hanya berbentuk beasiswa, namun mahasiswa juga bisa kerja praktik di sana,” ujarnya.

Dari 32 mahsiswa yang mendaftarkan diri, namun hanya 12 mahasiswa yang berhak menerima beasiswa tersebut. Keduabelas mahasiswa yang menerima beasiswa ini adalah Muhammad Rizqi Fauzan, Muhammad Sayyid Habibie,  dan Zambilly Ahmad Washliyah dari Departemen Teknik Perkapalan. Selanjutnya, Ivan Adhitya Nugraha, Dennis Chaniago Ramadhan, dan Alem Reyhan Savers Saputra dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan. Kemudian ada Annisa Aisyah Nuraini, Alyssa Shafira Azwan dan Imas Aulia Fauzia dari Departemen Teknik Kelautan. Serta, Rachmad Arnanto Wicaksono, Dola Setiadi, dan Candhrika Padma Jan Ardhani dari Departemen Teknik Transportasi Laut.

Senior Surveyor ABS, Sudai menuturkan, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan tersebut antara lain hanya mahasiswa semester lima dan tujuh saja yang boleh mengikuti seleksi. Selain itu, mahasiswa yang diperbolehkan mendaftar haruslah belum pernah menerima penghargaan atau beasiswa yang sejenis dari perusahaan ataupun institusi lain. “Dan, yang terpenting, calon penerima beasiswa bukanlah orang yang pernah menerima beasiswa serupa dari ABS. Tujuan kita ini kan untuk membantu secara rata, makannya yang sudah pernah menerima tidak bisa menerima lagi,” tambahnya.

Foto bersama usai penyerahan beasiswa kepada 12 mahasiswa ITS

Sementara itu, Annisa Aisyah Nuraini mewakili teman-temannya mengaku sangat senang atas kesempatan mendapatkan beasiswa ini. Lanjutnya, ia akan mempergunakan uang yang telah diberikan dengan baik. “Beasiswa ini sudah sepatutnya saya syukuri, uang 3,5 juta ini akan saya pergunakan dengan baik,” pungkasnya. (hen/owi)

Berita Terkait