ITS News

Sabtu, 05 Oktober 2024
15 Maret 2019, 21:03

Edukasi Dunia Karir, SIRCLO Helat Roadshow di ITS

Oleh : itsmad | | Source : http://www.its.ac.id/

Recruitment and Employer Branding Lead SIRCLO, Adila Ganiyha Fitri saat memamaparkan materi

Kampus ITS, ITS News- Bagi para lulusan perguruan tinggi, melamar pekerjaan bukanlah hal yang sederhana. Berbagai bentuk persiapan seringkali ditekankan agar dipersiapkan dengan baik sejak dini sebelum lulus. Bertujuan mensosialisasikan segala hal tentang persiapan melamar pekerjaan, SIRCLO, sebuah perusahaan teknologi penyedia solusi bisnis online, helat SIRCLO Talent Roadshow 2019 di Gedung SAC Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Jumat (15/3).

Acara yang pertama kali dihelat di wilayah Surabaya ini merupakan sebuah inisiatif yang ditujukan untuk memberikan edukasi mengenai karir yang berguna bagi mahasiswa sarjana maupun pascasarjana. Bersifat terbuka, acara ini menuai antusiasme yang tinggi dari para mahasiswa perguruan tinggi diluar ITS, seperti Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Airlangga (UNAIR), Politeknik Eklektronik Negeri Surabaya (PENS) dan lain sebagainya. Tak hanya mahasiswa dari jurusan rumpun teknologi saja, para peserta dari rumpun keilmuan lain seperti statistika, arsitektur dan lain sebagainya pun turut mewarnai acara ini.

Adila Ganiyha Fitri, pemateri dalam acara ini menyampaikan bahwa dunia kerja memiliki dimensi kesibukan dan target yang berbeda dengan masa perkuliahan. Dalam dunia kerja, akan banyak hal-hal berat yang menjadi ujian komitmen dan loyalitas terhadap pekerjaan yang dijalani. Meskipun setiap perusahaan memiliki karakteristik profesionalisme yang berbeda-beda, adaptasi yang tinggi merupakan kunci utama para karyawan baru dalam menghadapi situasi di bawah tekanan. “Apabila sudah menjadi bagian sebuah perusahaan, seseorang butuh suatu kedinamisan agar dapat mengikuti perubahan,” papar wanita yang akrab disapa Adila ini.

Oleh sebab itu, imbuh Adila, butuh beberapa cara bagi para karyawan baru untuk mengendalikan tekanan pekerjaan yang dipikul. Pertama, membandingkan pekerjaan yang dijalani dengan pekerjaan orang lain merupakan pantangan yang semestinya dihindari para karyawan baru. Sebab, dengan membandingkannya secara terus menerus, beban pekerjaan akan terasa semakin besar. Selain itu, penting pula bagi para fresh-graduate untuk memilih pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan. “Dengan menjalani apa yang di suka, para fresh-graduate ini bisa terhindar dari stress yang seringkali dialami oleh banyak orang di titik tersebut,” tuturnya.

Persiapan mental menurut Adila juga merupakan hal paling penting yang perlu dilatih sejak dini. Bentuk pelatihan masing-masing individu pun dapat berwujud berbagai bentuk, seperti keikutsertaan dalam kompetisi yang relevan, pelatihan-pelatihan keprofesian ataupun pengalaman dari organisasi perkuliahan yang menerapkan sistem profesional. Pelatihan mental ini tentunya sangat baik jika diikuti dengan kemampuan komunikasi yang baik, baik dalam menghadapi masalah ataupun menjalin kerjasama dengan orang lain. “Dalam menghadapi tekanan pekerjaan, komunikasi pada orang lain dapat meringankan beban pikiran serta lebih mudah menemukan solusi yang tepat,” imbuh Recruitment and Employer Branding Lead SIRCLO ini.

Tak lupa, di kesempatan kali ini, Adila juga menggambarkan kepada para peserta tentang ciri-ciri resume yang baik untuk perusahaan yang dituju. Menurutnya, resume seorang pelamar pekerjaan akan semakin baik apabila semakin unik dan tidak datar. Data-data pendukung sebagai penunjang kompetensi diri juga sangat membantu untuk membuka peluang penerimaan pekerjaan. Data tersebut dapat berwujud pengalaman organisasi, prestasi perlombaan yang relevan, ataupun kegiatan keprofesian yang relevan dengan pekerjaan tersebut. “Sebab, data-data pendukung ini yang dapat membuat resume Anda lebih bersinar daripada resume pesaing-pesaing lainnya,” pungkas alumnus Universitas Bina Nusantara (Binus) ini. (mad/owi)

Berita Terkait