ITS News

Minggu, 29 September 2024
18 Maret 2019, 08:03

Menwa ITS Bantu Tertibkan Wisuda 119

Oleh : itsnaj | | Source : -

Resimen Mahasiswa (Menwa) ITS ketika mengawal para pimpinan ITS saat wisuda 119 di Grha Sepuluh Nopember

Kampus ITS, ITS News – Wisuda ke-119 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah sukses digelar. Acara yang berlangsung dua hari sejak Sabtu (16/3) ini tak lepas dari kerja keras setiap panitia. Salah satunya yaitu Resimen Mahasiswa (Menwa) ITS yang bertugas untuk menertibkan acara wisuda.

Rakhasoni Firman Syah, Komandan satuan Menwa mengatakan bahwa tugas utama Menwa yaitu melaksanakan pengamanan wisudawan dari masuk hingga keluar Grha ITS. Menwa juga mempunyai tugas penting yaitu untuk melaksanakan prosesi iringan rektor, dosen, dan senat. “Kami mengiringi para pimpinan ITS saat masuk atau keluar Grha agar prosesi terlaksana dengan baik dan terasa khidmat,” ujarnya.

Rakha mengungkapkan bahwa Sejak 2011, Menwa mulai dipercaya untuk mengawal dan mengamankan prosesi wisuda. Sebelum itu, Menwa hanya fokus dalam kegiaatan pelatihan dan pembinaan anggota. Saat ini Menwa bertugas saat acara seperti wisuda, upacara hari pendidikan nasional, kemerdekaan, dan peringatan hari pahlawan. “Selain itu, Menwa juga melakukan pengamanan saat penerimaan mahasiswa baru, guru besar, dan dies natalis,” ujar mahasiswa Departemen Fisika itu.

Pada awalnya Menwa hanya bisa mengerahkan kurang lebih sepuluh personil untuk bertugas di wisuda. Jumlah personil yang disebar untuk pengamanan mengalami perbedaan di setiap tahunnya. Saat ini, Menwa mengerahkan hingga dua puluh orang personilnya.

Rakha berharap agar ke depannya, Menwa dapat dikenal oleh seluruh kalangan mahasiswa ITS. Tidak ada kesan bahwa Menwa itu dianggap remeh. Karena dahulu, ujar Rakha, Menwa pernah menjadi cadangan dari TNI dan Polri. “Sehingga kami bisa menunjukkan bahwa inilah Menwa ITS,” pungkasnya. (naj/id)

Berita Terkait