ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
18 Maret 2019, 22:03

Senandung Kejutan Prof Joni Hermana di Wisuda Terakhirnya sebagai Rektor

Oleh : itsdik | | Source : https://www.its.ac.id/

Prof Joni Hermana saat memberikan kejutan dengan menyanyikan lagu Selow di upacara wisuda ke-119 ITS

Kampus ITS, ITS News – Prosesi wisuda ke-119 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Sabtu – Minggu (16-17/3), telah berlangsung dengan sangat meriah dan berbeda dari sebelumnya. Tak hanya meriah, Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MScES PhD secara mengejutkan tampil menghibur para wisudawan beserta undangan dengan nyanyian yang mengandung banyak pesan.

Pada perhelatan wisuda terakhirnya sebagai Rektor ITS, Minggu (17/3), Prof Joni Hermana memberikan kejutan luar biasa, khususnya bagi wisudawan dan orang tua mereka yang hadir. Menggandeng Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITS dan Orkestra Stradivari, Prof Joni yang pada 12 April 2019 nanti akan mengakhiri masa kepemimpinannya di ITS ini meramu sebuah lagu yang sudah cukup popular menjadi spesial.

Lagu Selow yang dipopulerkan oleh Wahyu Ramdani sedikit dimodifikasi liriknya, sehingga menjadi lebih menghibur, akrab di telinga wisudawan, dan tetap penuh semangat. Aksi ini membuat segenap hadirin, khususnya para wisudawan turut beranjak dari tempat duduknya. Hampir seluruh wisudawan turut bernyanyi, sembari bertepuk tangan. Mengiringi nyanyian penuh semangat yang disuguhkan Prof Joni bareng PSM ITS.

Bima Fauzan selaku Project Manager PSM ITS yang tampil menjadi lead vocal hari itu mengungkapkan ihwal kejutan tampilan bersama Prof Joni tersebut. “Ini semua murni permintaan Prof Joni, sore sebelumnya, Sabtu (16/3), kami dipanggil untuk mengerjakan kejutan ini,” ungkap mahasiswa departemen Kimia ini.

Prof Joni Hermana menyanyikan lagu dengan antusias

Prof Joni yang berkomunikasi dengan tim PSM ITS melalui media sosial, menyampaikan bahwa lirik lagu Selow ini kurang sesuai dinyanyikan ketika wisuda. Prof Joni pun mengatakan bahwa dirinya sudah membuat lirik pengganti yang telah beliau persiapkan sebelumnya dan dianggap sesuai karena mengandung pesan khusus bagi para wisudawan.

Kepada tim PSM ITS, guru besar Teknik Lingkungan yang memang hobi bernyanyi ini meminta agar lirik yang sudah beliau modifikasi, disesuaikan lagi dan diberi tambahan humor. Sehingga kejutan ini dapat berjalan dengan lancar. Setelah melalui proses asistensi yang cukup menguras waktu, akhirnya lirik hasil modifikasi ini berhasil dirampungkan. Sehingga terciptalah kejutan yang sangat menghibur hadirin.

Tim PSM sendiri mengaku sangat gembira atas inisiatif Prof Joni ini. Namun, Bima mengaku bahwa PSM ITS sebenarnya sempat kesulitan ketika mencari relawan dari PSM yang bersedia ikut memeriahkan nyanyian Prof Joni dengan tarian sederhana. Apalagi persiapan sebelumnya terbilang belum cukup. Untungnya, baik dari pihak PSM, hadirin, serta pengisi acara yang lainnya menganggap hal ini merupakan hiburan yang harus dibawakan dengan santai serta sebagai pelepas penat selama prosesi wisuda.

Prof Joni sendiri menganggap bahwa lagu Selow itu lagu yang cukup jenaka untuk dibuat parodi. Sebagai pengingat bagi mahasiswa yang kuliahnya selow (plesetan dari kata slow) atau santai, tetapi selalu berusaha membela diri (banyak mencari alasan). “Beralasan kalau mereka (mahasiswa yang slow, red) tidak mau selesai dulu karena masih nunggu pasangan yang akan dia bawa saat wisuda,” ujarnya menirukan alasan yang banyak diungkapkan selama ini. Meskipun di akhir, Prof Joni mengatakan bahwa lagu parodi itu juga sebagai perwujudan doa bagi keberhasilan para mahasiswa untuk segera mendapatkan gelar dan jodoh. (dik/HUMAS ITS)

Wisuda ke-119 menjadi momen pamungkas bagi kepemimpinan Prof Joni Hermana di ITS.

Video Lagu Selow yang Dinyanyikan Rektor ITS dan PSM ITS

Lirik lagu Selow versi Prof Joni dan PSM ITS:

Rektor:
Sudah biasa dirimu ditinggalkan
berlalu tanpa “Say Goodbye”
Oleh para wisudawan
Menyedihkan tapi tak kau rasakan

Kau pasrahkan semua pada Tuhan
Yang telah mengatur semua jalanmu
Dan juga nasibmu di mana pun
Sampai kapan pun itu…

Reff (Rektor):
Karna kau selow…sungguh selow..
Sangat selow… tetap selow..
Santai santai, sukanya menunda TA

Karna kau selow…sungguh selow..
Sangat selow… tetap selow..
Santaii santaii…Yakinlah Tuhan kabulkan doamu …

Mahasiswa (PSM ITS):
Bila nanti sudah aku dapatkan
ijazah dan gelar sempurna..
Pasti akan slalu ku jaga…
Karna Tuhan telah menitipkan
Kesempatan paling terbaik…
Bersama sama… arungi jalanku…
Dan juga temanku dimanapun… kapanpun ituu…

Karna ku selow sungguh selow…
Sangat selow tetap selow…
Santaii santaii… jadi ku baru wisuda…

Berita Terkait