ITS News

Minggu, 29 September 2024
21 September 2005, 18:09

Washi dan Kanji Warnai LMB Event 2005

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ruang kaca kantin pusat ITS siang kemarin (21/9) terlihat berbeda. Belasan stan didirikan lengkap dengan hiasan menarik dan poster-poster unik. Banyak pengunjung yang rata-rata mahasiswa tampak asyik berbincang-bincang disana. Memasuki ruangan yang terletak disebelah Sekretariat BEM ITS ini, terlihat sebuah stan yang didirikan tepat di sebelah kanan pintu utama dihias cukup mencolok.

Kertas HVS putih bertuliskan huruf Jepang ditempel di meja untuk menyambut para pengunjungnya. Poster besar bertulis Internasional Language Area ditempel di papan belakang. Dua penjaganya juga meletakkan beberapa lipatan kertas berbentuk wanita Jepang berpakaian kimono serta bunga-bunga berwarna hitam dan ungu.

Itulah stand milik Unit Kegiatan Bahasa Asing atau yang lebih akrab disebut UKBA. “Tulisan di depan ini dibaca girasai, artinya selamat datang. Kalau yang ini adalah washi, kertas yang dilipat menjadi bentuk wanita Jepang. Dengan kimono yang berwarna-warni,” papar Bedi sambil menunjukkan sebuah washi dengan balutan kimono motif bunga-bunga merah muda berukuran sepuluh senti meter.

Bedi kemudian mengambil sebuah origami berbentuk bunga dan mencoba memainkannya. Bunga itu dicatnya dengan tinta hitam. Mahasiswa Teknik Elektro 2003 ini juga menunjukkan setumpuk tulisan kanji yang kemarin didemokannya kepada pengunjung. “Kanji itu huruf yang unik, ada enam ratus karakter lebih. Setiap hurufnya berarti satu kata. Aneh-aneh. Ini misalnya, coretan yang seperti lubang angin dan ada hatinya ini berarti jendela,” ujarnya. Selain bahasa dan budaya Jepang, UKBA juga mempelajari bahasa Inggris. Bahkan menurut Bedi, mereka berencana untuk membuka kelas bahasa Jerman.

Cara unik lain untuk menarik perhatian pengunjung juga dilakukan oleh Unit Kegiatan Hikmatul Iman. Lembaga seni bela diri yang mengembangkan tenaga dalam dan metafisika ini bahkan memasang tulisan Anda akan mampu mematahkan kikir/lempeng besi dalam 1x latihan, Buktikan!.

Isi tulisan tersebut dibenarkan oleh Sigit, penjaga stan ini. “Ini hanya untuk motivasi. Biasanya orang kan tertarik dengan bela diri untuk kesaktiannya. Namun nanti akan kita arahkan agar tetap dimanfaatkan untuk hal yang positif dan tidak melanggar agama. Kita disini juga belajar untuk mengoptimalkan tenaga dalam yang merupakan potensi besar yang dikaruniai oleh Allah,” ujar alumnus Teknik Fisika ITS ini.

Selain untuk promosi, kegiatan LMB Event yang diadakan tiap awal tahun ajaran baru ini juga diselenggarakan untuk mencari anggota baru. Unit-unit kegiatan yang mengikutinya antara lain Pramuka, Resimen Mahasiswa, Fotografi, WE&T, Satria Nusantara dan Paduan Suara Mahasiswa.(ftr/rin)

Berita Terkait