ITS News

Minggu, 01 September 2024
21 Maret 2019, 18:03

Ribuan Pengunjung Padati Bursa Karir ITS ke-37

Oleh : itsyus | | Source : http://www.its.ac.id/

Pengunjung Bursa Karir ITS ke-37 memadati Grha Sepuluh Nopember

Kampus ITS, ITS News – Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Mahasiswa (P2KM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali menggelar Bursa Karir ITS (BKI). Gelaran yang ke-37 kali ini berlangsung selama dua hari sejak Rabu (20/3) dengan lebih dari 30 perusahaan terdaftar sebagai partisipan. Gelaran rutin ITS yang bertempat di Grha Sepuluh Nopember ini dihadiri lebih dari 2000 pengunjung pada hari pertama penyelenggaraannya.

Acara yang ditujukan untuk mewadahi alumni berburu pekerjaan ini dipadati pengunjung sejak pagi. Mayoritas pengunjung BKI ke-37 ini adalah alumni ITS yang lulus pada Maret 2018. Namun bukan hanya dihadiri oleh alumni ITS, acara yang diadakan setiap enam bulan sekali ini juga dihadiri oleh para fresh graduate dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur dan para pencari kerja lainnya.

Pengunjung Bursa Karir ITS yang sedang melakukan pendaftaran pada stan perusahaan

Dikatakan regorius, salah satu panitia BKI, pengunjung yang merupakan alumni ITS akan otomatis terdaftar sebagai member ITS Career dan dapat langsung scan barcode untuk masuk ke dalam area BKI. Sedangkan pengunjung umum atau non-member ITS Career dapat berkunjung secara gratis dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui google form dengan link yang disediakan di bagian registrasi. “Kami menggunakan google form agar antrian tidak panjang, mereka dapat mendaftar melalui gadget masing-masing,” ungkapnya. Selain adanya stan dan poster dari perusahaan partisipan, dalam Bursa Karir ITS ke-37 ini juga terdapat presentasi dari para pelaku industri dan juga pelatihan pembuatan CV, serta pelatihan untuk interview kerja.

Salah satu Presentasi Industri yang disampaikan oleh Dompet Dhuafa dalam Bursa Karir ITS ke-37 yang bertempat di Grha Sepuluh Nopember

Ditemui ITS Online, Eka, alumni Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya mengatakan bahwa ia memang sudah merencanakan untuk mengikuti BKI sejak lama. “Saya mendapat informasinya dari instagram, kemudian mengajak teman-teman saya yang lain,” ujarnya. Ia mengaku bahwa ia telah menyiapkan dua bendel surat lamaran pekerjaan.

Kegiatan yang menjadi ajang silaturahmi bagi para pelaku industri, perguruan tinggi, serta alumni perguruan tinggi ini dihadiri oleh 32 perusahaan partisipan yang mendirikan stan dan membuka lowongan pekerjaan. Selain itu, terdapat pula perusahaan yang berpartisipasi lewat penempelan poster dalam area Expose Job Vacancy. Nantinya, pelamar pekerjaan akan melakukan scan barcode pada poster dan mendaftar secara daring.

Area Expose Job Vacancy, salah satu spot penempelan poster bagi perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan secara daring

Beberapa perusahaan partisipan menyediakan lebih dari satu posisi dalam lowongan pekerjaan yang ditawarkan dalam BKI ini. Salah satunya PT Master System Infotama, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi yang menyediakan 16 posisi pekerjaan. “Kami memerlukan banyak posisi untuk pengembangan usaha dan sangat cocok diisi oleh fresh graduate kampus teknologi,” tutur Deny, staf bagian General Affair dari MasterSystem.

Pada gelaran kali ini, partisipan perusahaan non-saintek mulai bertambah. Mulai dari bidang perbankan, pendidikan, hingga perusahaan non-profit. Terdapat Bank Indonesia, Bank Mandiri, Edulab, hingga Dompet Dhuafa dalam BKI kali ini. “Hal ini menunjukkan bahwa, mereka (pelaku industri non-saintek) sudah mulai melirik kampus yang berbasis saintek,” ujar Arief Abdurrakhman, ST, MT selaku Ketua Pelaksana Bursa Karir ITS ke-37.

“Semoga banyak alumni ITS yang terserap dalam industri,” ujar Dosen Departemen Teknik Instrumentasi ini ketika ditanyai mengenai harapan atas terselenggaranya Bursa Karir ITS yang ke-37. Selain itu, ia berharap akan adanya lebih banyak lagi kolaborasi antara ITS sendiri dengan perusahaan-perusahaan partisipan. (yus/owi)

Berita Terkait