ITS News

Minggu, 29 September 2024
20 November 2005, 16:11

PSI 2 : Peserta Dibangunkan dengan Ta’awudz

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Jumat lalu (18/11), Jamaah Masjid Manarul Ilmi (JMMI) mengadakan pelatihan bagi kader–kadernya. Pelatihan bernama Program Study Islam 2 (PSI 2) ini berlangsung selama 3 hari bertempat di Ruang Seminar Teknik Lingkungan. Puluhan mahasiswa yang telah dinyatakan lolos screening berbondong–bondong datang dalam pelatihan ini.

Untuk mengkondusifkan suasana pelatihan maka peserta diharuskan menginap. Setiap pukul 01.30 dini hari, mereka dibangunkan untuk sholat tahajud. Jika pada hari sebelumnya panitia mengalami kesulitan untuk membangunka peserta, tidak demikian pada hari Minggunya (20/11). Hanya dengan kalimat ta’awudz yang diucapkan Ustadz Hakim, salah seorang ustadz Masjid Manarul Ilmi, peserta seperti dikomando langsung bangun dan mengambil air wudhu. “Saya tidak tahu kenapa saya bisa langsung sadar begitu Ustadz Hakim membaca ta’awudz, saya seperti langsung mendapat energi begitu mendengar ucapan beliau. Jujur waktu itu saya sangat terkejut dan saya langsung berlari ke bawah mengambil air wudhu, “ungkap Amron, salah seorang peserta PSI 2 dari D3 Elektro ’04.

Menurut ketua pelaksana PSI 2, Dodik Sunaryo, jumlah peserta PSI 2 tahun ini meningkat dari jumlah peserta PSI 2 tahun lalu. Ini menunjukkan minat mahasiswa tehadap dunia Islam masih sangatlah besar. Setelah mengalami proses screening yang cukup ketat, dari ratusan orang yang mendaftar, akhirnya panitia menetapkan 65 orang peserta sebagai peserta PSI 2 yang dinyatakan dengan lulus screening”, kata mahasiswa Teknik Informatika 2003 ini.

Ditanya tentang isi materi yang diberikan, Dodik menjelaskan bahwa materi – materi yang disampaikan berkisar pada Sa’siyah Da’iyah (pembentukan pribadi dai). “Tim pengonsep acara (SC,-red) telah menyusun konsep yang berkisar pada materi dakwah. Tugas–tugas pendahuluan yang dibebankan pada pesertapun juga berkaitan dengan dakwah,” ungkap Dodik.

Alumni Program Studi Islam 2 nantinya akan menduduki posisi middle manajer di struktur kepengurusan JMMI. Mereka akan menduduki posisi sebagai ketua divisi dalam struktur kepengurusan. Namun, JMMI tidak membatasi aktifitas para alumni PSI 2. Ini karena peserta PSI 2 tidak dikhususkan bagi anggota aktif JMMI, anggota BEM ITS, pengurus kajian jurusan bahkan pengurus himpunan mahasiswa jurusanpun turut serta pada PSI 2 kali ini.

“Konsep PSI 2 dari tahun ke tahun tidak mengalami perubahan. Mungkin kalaupun ada perubahan itu hanya pada teknis dan kegiatan pasca pelatihan saja”, kata Andra Prima Putra, Ketua Divisi Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) JMMI. Untuk tahun ini kegiatan pasca pelatihan yang diberikan berupa kepanitiaan kegiatan besar di JMMI seperti Ramadhan di Kampus, PSI 1 dan sebagainya. (m1/rin)

Berita Terkait