ITS News

Minggu, 29 September 2024
24 November 2005, 15:11

ITS-Pertamina Adakan Ganti Freon Gratis

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pertamina bekerja sama dengan ITS kali ini mengadakan ganti Freon mobil gratis. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, 24-25 November 2005 ini sekaligus sebagai ajang bagi Pertamina untuk mensosialisasikan MUSI COOL, Refrigerant pengganti Freon.

Seperti diketahui, Freon adalah penyebab utama timbulnya lubang di lapisan Ozon. Adanya kebijakan internasional tentang perlindungan lapisan pelindung bumi dari sinar matahari ini, membuat Pertamina berupaya memproduksi bahan penggantinya yang ramah lingkungan. "Penelitian tentang Refrigerant sebenarnya sudah kami lakukan sejak tahun 1995, namun baru dikeluarkan pada bulan Desember 2003 kemarin dengan merk dagang MUSICOOL MC-134," papar Tatang Hidayat, wakil dari Pertamina.

Keunggulan Refrigerant ini, ungkap Tatang, adalah ramah lingkungan dan hemat energi. Untuk mengganti Freon mobil dengan MUSICOOL juga tidak memerlukan penggantian komponen. Karena itulah, sosialisasi yang telah dilakukan di bengkel – bengkel kota besar di Pulau Jawa dan Sumatra ini terbilang sukses. "Kita sudah melakukan sosialisasi di Jakarta, Bandung, Pekanbaru dan kali ini Surabaya. Animo masyarakat cukup tinggi," ujarnya seraya tersenyum.

Cipto, mahasiswa Jurusan Teknik Mesin ’04 yang ditemui ITS Online saat mengganti Freon mobilnya juga mengamini pernyataan Tatang. Ia mengaku senang dengan adanya MUSICOOL ini. "Lebih ramah lingkungan, mbak. Kan bagus dan bisa mengurangi pemanasan global,"ujarnya.(m6/ftr)

Berita Terkait