ITS News

Minggu, 29 September 2024
22 Desember 2005, 18:12

WKIM, Lebih Tekankan Motivasi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, WKIM kali ini lebih banyak memberikan motivasi ketimbang materi kepada pesertanya. Darmadji, SSi, MIKomp yang membawakan materi analisa data dan pembahasan pun berpesan agar mahasiswa tak ragu untuk memulai menulis. "Just do It! Just do it! just do it!," ungkapnya penuh semangat.

Dosen Pemrograman Komputer ini kemudian menyarankan agar mahasiswa lebih peka terhadap permasalahan di lingkungannya. "Kalian tidak perlu takut bakal kehabisan ide, masih banyak permasalahan di luar sana," ujarnya. Karena itu mahasiswa perlu berlatih untuk berfikir kritis.

Motivasi serupa juga diberikan oleh Alief Wikarta, ST. Dosen berkacamata ini juga memberikan semangat agar mahasiswa mempunyai keyakinan untuk menulis. “Yang dibutuhkan untuk bisa menulis adalah keyakinan bahwa anda bisa!”. Dari keyakinan itulah, ungkapnya, akan terlahir sebuah motivasi untuk bekerja keras.

Semangat yang diberikan oleh pemateri tentu saja disambut antusias oleh peserta. Bahkan diantara mereka ada yang langsung meminta salinan dari karya tulis salah satu panitia yang pernah menyabet juara dalam lomba karya tulis tingkat institut. Usai diserahkan, mereka pun langsung mendisuksikannya.

Melihat antusias peserta, Arief Junaidi yang menjadi ketua panitia WKIM pun tersenyum. Ia memang berharap bahwa dengan diadakannya kegiatan ini akan memacu mahasiswa baru untuk tertarik membuat karya tulis ilmiah.

Acara yang dimulai pukul dua siang ini dihadiri 31 mahasiswa matematika angkatan 2005. Di akhir acara, peserta pelatihan diminta untuk membuat karya tulis, baik perseorangan maupun berkelompok. Karya tulis tersebut nantinya diseleksi untuk diikutkan Pemusatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa ( MUSLAT KTI ) pada bulan Februari 2006. (dew/ftr)

Berita Terkait