ITS News

Minggu, 29 September 2024
03 Februari 2006, 19:02

Jawa Pos Turut Mendukung LCEN

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tiap tahun Himpunan Teknik Elektro ITS (Himatektro) rutin mengadakan Lomba Cipta Elektronik Nasional (LCEN). Namun, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Himatektro menggandeng harian pagi Jawa Pos untuk turut berpartisipasi. Penandatanganan kerjasama antara ITS dan Jawa Pos ini dilakukan oleh Rektor ITS, Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA dengan pimpinan redaksi Jawa Pos, Azrul Ananda, Jumat (3/2) di Rektorat ITS. Setelah penandatangan dilakukan, Rektor ITS memberikan kenang-kenangan berupa lukisan yang dibawahnya terukir nama JawaPos-ITS.

Pimpinan redaksi Jawa Pos, Azrul Ananda kepada ITS Online mengatakan bahwa kerjasama ini dikarenakan Jawa Pos memang memiliki program-program yang bertujuan menjadikan Surabaya sebagai pelopor. "Kami ingin turut berpartisipasi dalam event-event yang sifatnya mengangkat nama Surabaya seperti LCEN ini,” katanya. Namun, ditambahkan Azrul, tidak semua kegiatan bisa mendapatkan kerjasama dari pihaknya. Kegiatan yang diterima haruslah berfilsafat do show bukan talk show. LCEN sendiri telah berlangsung 11 kali, dan itu juga merupakan pertimbangan lain Jawa Pos untuk menjalin kerjasama ini. “Tidak mungkin sudah sebelas kali berjalan kalau nggak ada reputasi,” ungkap Azrul.

Bentuk kerjasama ini, Azrul mengungkapkan, pihaknya akan membuat rubrik khusus satu halaman yang rencananya akan diberi judul ITS-Jawa Pos Lomba Cipta Elektronik Nasional Culture. Di dalamnya, lanjutnya, akan dibahas secara detail tentang LCEN baik kegiatannya, proposal yang masuk, persiapan dan lain-lain yang berkaitan. Rencananya, rubrik ini akan ditampilkan selama seminggu penuh sebelum acara LCEN digelar.

Selain publikasi, Jawa Pos juga akan menanggung hadiah untuk para pemenang. Nominalnya cukup besar yaitu sebesar 32,5 juta. “Diharapkan panitia tidak perlu repot-repot memikirkan dana, jadi hanya berpikir tentang pelaksanaan saja. Sehingga nantinya acara bisa cepat, lancar dan sukses,” imbuhnya.

Sementara itu, menurut ketua panitia LCEN, Suhartanto Raharjo, sasaran LCEN memang ditujukan untuk pelajar SMP, SMK, SMA serta mahasiswa se-Indonesia. "Ada empat bentuk lomba dalam LCEN, diantaranya Telematika dan Biomedika. Nantinya kami akan melakukan penjaringan secara nasional, dan akan diambil sepuluh besar," ungkap mahasiswa jurusan teknik Elektro 2003 ini. Hingga saat ini, lanjutnya, sebagian besar proposal yang masuk dari pulau Jawa. “Untuk itu kami akan memberikan porsi khusus bagi peserta di luar Jawa,” imbuhnya lagi. (th@/asa)

Berita Terkait