ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
31 Agustus 2019, 16:08

Semangat Kontingen ITS dalam Aksi Peduli Lingkungan Pimnas 32

Oleh : itssof | | Source : ITS Online

Perwakilan Kontingen ITS ketika melepaskan tukik ke laut

Bali, ITS News – Selain terdapat rangkaian perlombaan bagi mahasiswa, pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-32 di Universitas Udayana (Unud) Bali juga digelar aksi peduli lingkungan. Kontingen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pun turut semangat dalam mengikuti aksi yang dilaksanakan di Pantai Kelan, Bali, Jumat (30/8).

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa, dewan juri, dan jajaran pimpinan perguruan tinggi ini memiliki tema Laut Bebas Sampah Plastik. Aksi tersebut dilakukan dengan membersihkan seluruh sampah plastik di pesisir pantai dan melepaskan 200 ekor bayi penyu (tukik) ke laut.

Wakil Rektor II Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sarana Prasarana ITS, Ir Mas Agus Mardyanto ME PhD ikut serta dalam membersihkan sampak plastik di pesisir Pantai Kelan

Wakil Rektor II Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sarana Prasarana ITS, Ir Mas Agus Mardyanto ME PhD mengakui bahwa aksi tersebut memiliki dampak yang baik untuk lima sampai sepuluh tahun mendatang. “Selain itu, Pak Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) juga telah mengeluarkan surat edaran tentang penggunaan botol plastik,” ungkapnya.

Oleh karenanya, selama rangkaian Pimnas ke-32 ini tidak dibagikan minuman dalam kemasan botol atau gelas plastik. Melainkan panitia hanya menyediakan galon dan seluruh peserta bisa mengisi ulang botol minum mereka masing-masing pada tempat yang telah disediakan.

Seluruh Tim Kontingen ITS ketika foto bersama di Pantai Kelan

Kemudian Mardyanto juga menyebutkan hal ini selaras dengan budaya Smart Eco Green Campus yang telah membudaya di ITS sejak lama. Selain dengan adanya pengurangan penggunaan sampah plastik, ITS sendiri juga telah melakukan banyak penghijauan dan menerbitkan larangan menembak burung atau berbagai hewan yang ada di ITS.

Sehingga ia pun berharap, mahasiswa bisa menambah kesadarannya terhadap lingkungan dengan ikut aksi peduli lingkungan pada Pimnas ke-32. “Kemudian ketika kembali ke kampus, bisa membawa program ini dan meneruskannya dengan baik,” pungkasnya. (sof/owi)

Berita Terkait