ITS News

Minggu, 29 September 2024
02 September 2019, 12:09

Pentingnya Dukungan Orang Tua bagi Mahasiswa ITS

Oleh : itsrur | | Source : ITS Online

Ketua Harian Ikoma ITS, Ir Bambang Witjaksono MMT saat menyampaikan sambutannya.

Kampus ITS, ITS News – Peran orang tua dalam memberikan dukungan dan motivasi kepada putra-putrinya merupakan hal yang vital. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Harian Ikatan Orang Tua Mahasiswa (Ikoma) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Ir Bambang Witjaksono MMT dalam sambutannya pada pertemuan antara wali mahasiswa dengan Ikoma ITS, Sabtu (31/8).

Bambang menjelaskan, kegiatan yang rutin digelar oleh Ikoma tiap tahunnya ini bertujuan untuk membangun komunikasi yang baik antara wali mahasiswa dengan Ikoma serta pimpinan ITS. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan gambaran kepada wali mahasiswa mengenai kehidupan akademik ITS termasuk segala program dan komitmen ITS ke depan.

Ia juga mengungkapkan, selama ini, Ikoma berperan aktif menunjang segala aktivitas mahasiswanya, baik di bidang akademik maupun non akademik. “Hal tersebut ditunjukkan dengan beberapa program yang kami (Ikoma, red) laksanakan,” papar Bambang.

Adapun program-program Ikoma guna menunjang kompetensi mahasiswa ITS di antaranya, program bantuan pendidikan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa dan Budaya; program pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek); program bantuan kesehatan melalui UPT Medical Center; program bantuan sarana dan prasarana; dan juga berbagai program lainnya.

Selain bantuan melalui program-program tersebut, Bambang melanjutkan, Ikoma juga menyediakan dana tunai kepada mahasiswa yang membutuhkan bantuan untuk menyelenggarakan suatu kegiatan, mengikuti kompetisi, dan Ikoma juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi dengan dibuktikan oleh sertifikat penghargaan. “Berdasarkan bantuan-bantuan yang diberikan oleh Ikoma guna menunjang pengembangan kompetensi mahasiswa ITS tadi, membuktikan bahwa peran Ikoma di sini sangatlah penting,” tegasnya.

Mengingat akan pentingnya peran Ikoma, Bambang pun mengimbau kepada wali mahasiswa untuk turut berpartisipasi dan berperan aktif dalam upaya peningkatan kompetensi tersebut. “Oleh karena itu, perlu adanya dukungan dari wali mahasiswa yang kini telah bergabung menjadi anggota Ikoma agar program tersebut dapat terus dikembangkan,” harap Bambang. (rur/owi)

Berita Terkait