ITS News

Minggu, 29 September 2024
14 Februari 2006, 11:02

Ajak Siswa SMU Kenali Bahari

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Guna menambah pengetahuan bahari, ITS mengajak siswa SMU se-Jawa dalam rangkaian kegiatan Ocean Week 2006 (Sepekan Bahari). Kegiatan yang menjadi rangkaian acara Bhakti Bahari tersebut merupakan hasil kerjasama antara Departemen Riset dan Teknologi BEM, Himpunan Mahasiswa Sistem Perkapalan, Himpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan, dan Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan dan Himpunan Mahasiswa Biologi.

Awalnya, para siswa diajak mengunjungi Ponpes Sunan Drajat di Lamongan pada Sabtu (11//2). “Setelah itu langsung menuju ke acara bakar ikan di TPI Brondong Lamongan yang juga berkaitan dengan petik laut nelayan. Di sana agar mereka dapat merasakan langsung kekayaan laut dan kondisi nelayan,” ungkap Muhammad Ating Kurnia, koordinator lapangan Bhakti bahari.

Kunjungan kemudian dilanjutkan ke Wisata Bahari Lamongan (WBL). “Diharapkan, siswa melihat dan dapat memberikan solusi ke depan tentang wisata bahari. Selain itu, juga riset tentang perkembangan kondisi bahari menurut mereka, “ imbuh mahasiswa yang akrab disapa Ating ini.

Pada hari ke tiga, Senin (13/2) kunjungan ke PT PAL. Siswa menganalisa perkembangan proses pembuatan kapal. Setelah itu mereka langsung meluncur ke LHI (Labolatorium Hidrodinamika Indonesia) di ITS. "Dari ketiga tempat, WBL, PT PAL dan LHI mereka diminta memilih salah satu permasalahan yang mereka temukan untuk dibuat laporan dan dicari solusinya,” tandas mahasiswa jurusan Teknik Material angkatan 2004 ini.

Nantinya, mereka akan mempresentasikan hasil laporan mereka untuk dilombakan merebut beberapa kategori yaitu Peserta terbaik, presentasi terbaik, dan laporan terbaik. Trophy Mentri Kelautan dan Perikanan pun akan diberikan kepada para pemenang. “Jadi tiga kategori ini akan diwakili sekolah masing-masing, tiap tim terdiri dari dua orang,” ujar Ating.

Tercatat 15 sekolah se-Jawa ikut berpartisipasi dalam kegitan ini. "Pesertanya ada 32 tim. Sebenarnya ini lingkupnya se Jawa Bali, tapi Bali nggak mengirimkan wakilnya,” tutur anggota Departemen Ristek BEM ini. Dan setelah mereka mempresentasikan karya mereka di rekrorat lantai 3 ITS pada Selasa (14/2) pagi, siswa-siswa tersebut akan dibawa jalan-jalan keliling FTK. “Nanti kami akan ajak keliling FTK,” pungkasnya.(th@/ftr)

Berita Terkait