ITS News

Minggu, 29 September 2024
17 Februari 2006, 15:02

MUGI dan Lab RPL Adakan Pelatihan ASP.NET

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Bekerja sama dengan Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Teknik Informatika ITS, Microsoft User Group Indonesia (MUGI) Surabaya mengadakan Pelatihan ASP.NET 2.0, versi terbaru dari bahasa pemrograman web yang terkenal ini. Pelatihan ini diadakan di lab RPL Kamis (16/2). Sebagai penunjang tiap peserta mendapat CD progam Microsoft Visual ASP.NET. ASP.NET ini sendiri telah diluncurkan sebagai bagian produk Microsoft Visual Studio 2005 yang diluncurkan November tahun lalu.

MUGI tampaknya tidak main-main dalam memilih tutor untuk pelatihan ini. Mereka mendatangkan Academic Developer Evangelist dari Microsoft Indonesia, Zeddy Iskandar. Zeddy yang juga pencipta bahasa pemrograman AYU ini banyak memberikan penjelasan sekaligus contoh pengunaan ASP.NET ini.

Menurut Zeddy, ASP.NET versi terbaru ini memiliki banyak fitur baru yang sangat bermanfaat. Salah satunya adalah data base Microsoft SQL Server dan web server yang sudah embebbed (tergabung menjadi satu). “Dengan fitur ini kita tidak perlu lagi repot-repot mengurusi web servernya,” Zeddy kemudian menunjukkan bagaimana mudahnya meng-compile dan melihat tampilan hasil.

Dengan beberapa klik, halaman web yang kita buat bisa dilihat di browser. Kita juga bisa memilih dengan browser apa kita akan mengecek tampilan halaman web, misalnya dengan Mozilla Firefox atau Internet Explorer.

Seperti halnya keluarga Visual Studio lainya. ASP.NET 2.0 ini juga menggunakan fitur drag-and-drop untuk memudahkan para programer. Fitur lainnya adalah adanya tempalete. Ini sangan memudahkan bila kita ingin membuat lebih dari satu halaman web serupa. “Selain itu dengan template ini perusahaan bisa menentukan desain yang digunakan sedang programer hanya perlu membuat content controlnya saja,” terang Zeddy. Dalam pelatihan ini peserta dituntun untuk membuat situs lengkap dengan site map hingga user autentification, memakai ASP.NET.

Peserta pelatihan yang berjumlah 30 orang ini ternyata tidak hanya dari Teknik Informatika ITS saja. “Ada beberapa yang berasal dari PENS, STIKOM dan beberapa kampus di Malang,” ungkap panitia acara ini, Novian. Menurut pihak panitia acara ini acara pelatihan ini dikemas sebagai ‘training for trainer’. “Beberapa minggu yang akan datang kami akan mengadakan pelatihan serupa tetapi dengan peserta pelatihan ini sebagai tutornya,” terang mahasiswa angkatan 2004 Teknik Informatika ini.(rif/asa)

Berita Terkait