ITS News

Minggu, 29 September 2024
17 Februari 2006, 11:02

ITS Datangkan Ulama Salaf Asal Yordania

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kamis (16/2) usai sholat ashar, ratusan jamaah memenuhi ruang masjid Manarul Ilmi. Tak hanya dari warga ITS, mahasiswa dari Universitas lain hingga masyarakat umum juga terlihat disana.

Sedikit berbeda dengan Kajian ilmiah syariah biasanya, pembicara kali ini langsung didatangkan dari Yordania, Dr Muhammad Musa Alu Nashr. Kedatangannya merupakan rangkaian kunjungan, dauroh, di Indonesia. Dan ITS merupakan tempat yang didatangi Musa untuk wilayah Surabaya.

Kedatangan Ulama salaf ini menarik perhatian banyak jamaah karena Dr Musa adalah murid langsung dari seorang ulama besar asal Yordania, Muhammad Nashiruddin Al-Bani. Seperti diketahui, Muhammad Nashirudin Al-Bani telah banyak menghasilkan karya tulisan yang terkenal, salah satunya adalah sifat sholat nabi.

Menggunakan bahasa Arab dengan dialek yang khas, Dr Musa memberikan penjelasan mengenai pokok-pokok ajaran Islam. Tentu saja dengan didampingi seorang penerjemah. Namun tak sedikit dari para jamaah merasa jenuh, diantaranya terkantuk-kantuk dan meninggalkan acara. “Wah sayang banget sebenarnya bagus, cuman bahasa Arab yang kurang dimengerti jadi sedikit menjenuhkan,” ujar Rizal, salah satu jamaah asal ITS.

Dalam ceramahnya, Dr Musa menjelaskan arti pentingnya menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan umat manusia di dunia, dan umat muslim pada khususnya. Keagungan tabiat, akhlaq, serta syariat mengantarkan umat Islam menuju kemenangan hakiki. Utamanya bagi para pemuda untuk senantiasa berkiblat pada Nabi Muhammad Saw.

Dr Musa juga menanggapi fitnah umat Islam akhir-akhir ini yakni tentang pelecehan Islam lewat karikatur. Ia menghimbau agar seluruh umat muslim mengambil sikap seperti membenci, memusuhi bahkan memerangi. “Keharusan untuk membenci, memusuhi, dan memerangi bagi siapa saja yang melecehkan Rasulullah Saw meskipun itu orang terdekat,” jelas Syeikh.(han/ftr)

Berita Terkait