ITS News

Minggu, 29 September 2024
26 Februari 2006, 07:02

Mahasiswa Informatika Adu Kemampuan Buat game

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Final lomba bertajuk Informatics Game Making Competition yang diadakan khusus bagi mahasiswa Teknik Informatika ini diadakan di Laboratorium Pemrograman Teknik Informatika, Sabtu (25/2) kemarin. Dalam final lomba yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Computer-Informatika (HMTC) ini, dari 10 tim peserta hanya 4 tim yang lolos, masing-masing terdiri atas dua orang. Uniknya keempat game yang tampil di final lomba ini dibuat dengan bahasa pemrograman yang berbeda-beda.

Dalam lomba ini yang menjadi juri adalah tiga orang dosen dari Teknik Informatika dan satu orang mahasiswa. Menurut salah satu juri, Waskito Wibisono M.Kom, penilaianan dalam lomba ini mencakup tampilan, kemudahan penggunaan dan kecerdasan buatan. Dalam babak final setiap tim harus mempresentasikan game buatannya dihadapan dewan juri.

Game berjudul Enervato II karya Afis Reza D dan Ridho Rahman H akhirnya menjadi pemenang dalam lomba ini. Game ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C#. Game ini sendiri menceritakan petualangan dengan menggunakan pesawat luar angkasa, dimana pemain dihadapkan dengan pertempuran pesawat di luar angkasa. Tampilan game ini sendiri sangat bagus, dengan tampilan 3 Dimensi. ”Untuk tampilan in kami mengguanakan DirectX,” ungkap Avis. Masa pengembangan game ini sendiri ternyata memakan waktu yang cukup lama. “Untuk pembuatannya game ini, kami memerlukan waktu sekitar dua bulan,” ungkap mahasiswa angkatan 2004 ini.

Selain untuk mengasah kemampuan di bidang programing, kegiatan ini juga dalam rangka mencari game-game yang layak ditampilkan dalam rangkaian acara Logic and Programing Competition (LPC) 2006, 6-7 Maret mendatang. Dalam kegiatan ini, rencananya game-game tersebut akan dipamerkan dan bisa dimainkan oleh siswa peserta lomba. ”Dengan game ini diharapkan kita bisa lebih mendekatkan diri dengan para siswa,” ungkap ketua HMTC Fahrudin Yusuf.(rif/asa)

Berita Terkait