ITS News

Minggu, 29 September 2024
25 Februari 2006, 11:02

Untuk PIMNAS, PKM Harus Selesai Saat PIMITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Prof Nur Iriawan PhD, selaku koordinator, memberikan keterangan kepada 30 tim peserta Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dinyatakan lolos dan mendapatkan dana dari DIKTI tahun ini, pada acara yang digelar Kamis sore (23/2) di rektorat ITS. Pria yang akrab disapa Nur ini menghimbau peserta untuk segera melaksanakan program sesuai proposal yang mereka ajukan ke DIKTi. Sebab, lanjutnya, rencananya pelaksanaan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) akan divisitasi oleh Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTi) pada pertengahan April mendatang dalam event Pekan Ilmiah Mahasiswa ITS (PIMITS) 2006.

”Nantinya akan diuji seberapa besar kelayakan program kalian untuk dilombakan pada PIMNAS besok,” papar Nur. Untuk diketahui, PIMNAS merupakan ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa tingkat Nasional yang tiap tahun diadakan oleh DIKTI. Rencananya, tahun ini akan diselenggarakan pada bulan Juli besok di Universitas Muhammadiyah Malang (UNMUH Malang). ”Jadi harapannya, pada PIMITS April ini, kalau bisa program dapat berjalan sekitar delapan puluh persen. Di sana nanti akan signifikan dinilai untuk ikut di PIMNAS. Anggap saja PIMITS sebagai ajang latihan untuk persiapan ke PIMNAS, ” tandas guru besar ITS ini.

Dalam PKM 2006 tiap-tiap peserta yang lolos proposal mempunyai beberapa hak dan kewajiban yang harus dipenuhi. Diantara hak itu adalah tiap judul mendapat pendanaan dari DIKTI sesuai dengan persetujuan DIKTI. ”Namun, kita akan meminjami dana dulu dari rektorat sebesar lima puluh persen. Ini agar memotivasi kalian segera melaksanakan program. Jadi, tidak perlu ada alasan lagi belum ada dana untuk itu,” jelasnya panjang lebar.

Seharusnya, imbuh pria kelahiran Blitar ini, pihak jurusan turut serta memberikan penghargaan seperti prestasi dalam bidang ini. ”Seharusnya, jurusan berterima kasih kepada mahasiswa atas karyanya, sebab ini nantinya juga akan jadi value untuk dapat bantuan dana bagi jurusan,” komentar alumni jurusan Statistika ITS ini.

Sedangkan, kewajiban tim PKM diantaranya melakukan dan merealisasikan PKM sesuai bidang masing-masing lalu segera dibuat laporannya. ”Nantinya akan dipresentasikan penuh di PIMNAS mendatang. Jadi harus siap dan sanggup untuk menyelesaikan karyanya. Dalam waktu dekat pada visitasi di PIMITS, insyaAllah sekitar 24 sampai 28 April ini,” pungkas Nur. (th@/asa)

Berita Terkait