ITS News

Minggu, 29 September 2024
27 Februari 2006, 17:02

Ratusan Mahasiswa Baru Ikuti Pelatihan Karya Tulis

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah ini diadakan oleh BEM ITS bekerja sama dengan BAAK (Badan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan) ITS. Kegiatan khusus bagi mahasiswa baru ini berlangsung di Ruang Seminar Rektorat selama dua hari mulai Jumat kemarin (24/2).

Minat para mahasiswa baru ini ternyata cukup besar. Jumlah peserta mencapai 200 mahasiswa baru ITS dari setiap jurusan. Untuk mengikuti pelatihan ini setiap mahasiswa, harus membuat karya tulis dan mengajukannya untuk diseleksi. ”Jadi jurusan yang menentukan mahasiswa mana saja yang dikirim,” ungkap panitia acara ini, Handoro.

Menurut mahasiswa Teknik Mesin ini, meski tidak diberikan kuota, diharapkan bisa ada pemerataan peserta di setiap jurusan. Setiap jurusan diharapkan bisa mengirimkan sepuluh persen dari mahasiwa barunya Meski demikian, jumlah mahasiswa ternyata bervariasi. Jurusan Statistika adalah jurusan yang mengirimkan peserta terbanyak, sejumlah 76 peserta.

Untuk memenuhi target guna mempersiapkan para mahasiswa baru yang ingin mengikuti LKTM (Lomba Karya Tulis Mahasiswa) yang biasanya berbarengan dengan PIMITS (Pekan Ilmiah Mahasiswa), acara ini menghadirkan 14 dosen ITS yang sudah berpengalaman dibidangnya sebagai pemandu. Selain sebagai pengisi materi, setiap dosen juga menjadi pendamping kelompok dan memandu mendiskusikan karya tulis mereka. Materi dalam pelatihan ini mulai dari pembahasan data, penyempurnaan makalah, hingga pembuatan slide presentasi yang baik

Di hari ke dua, peserta lebih banyak mendapat materi tentang presentasi. Salah satu dosen yang menjadi pemandu , Ir Mas Agus Mardyanto ME PhD, banyak memberikan berbagai tips dalam melakukan presentasi karya tulis, misalnya saat menghadapi pertanyaan dari audiens. ”Bila kita menghadapi pertanyaan, jawablah dengan seadanya. Bila pertanyaanya ya atau tidak. Kita juga harus bisa tegas menolak bila pertanyaan itu tidak sesuai dengan konteks,” ungkapnya.Sehingga pembahasan pertanyaan tersebut tidak menyimpang jauh dari isi karya tulis kita. Sementara itu pemandu lainya, Ir Elly Agustiani, MEng mengingatkan pentingnya berlatih ”Kalau kita sudah melakukan presentasi seratus kali pasti akan lancar.” ungkapnya setengah bercanda.

Menurut Handoro yang juga pernah mengikuti kegiatan serupa tahun lalu, pelatihan ini snagat bermanfaat baginya. Salah satu target pelatihan ini adalah untuk memepersiapkan para mahasiswa baru yang ingin mengikuti LKTM (Lomba Karya Tulis Mahasiswa) yang biasanya berbarengan dengan PIMITS (Pekan Ilmiah Mahasiswa) setiap tahunnya.(rif/rin)

Berita Terkait