ITS News

Minggu, 29 September 2024
04 Maret 2006, 09:03

Terobosan Baru, PLC Teknik Elektro

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sejak dibuka untuk umum, pelatihan PLC telah diikuti banyak peserta yang sebagian dari mereka adalah karyawan. "Mayoritas peserta pelatihan adalah karyawan, rata-rata mereka adalah teknisi yang ditugaskan oleh perusahan masing-masing. Terakhir yang ikut pelatihan ini berasal dari Pertamina Cilacap," ungkap Ir.Joko Susilo MT, salah satu instruktur pelatihan yang ditemui ITS Online di ruang kerjanya.

Joko menjelaskan pelatihan ini memang sedang serius digarap oleh Jurusan Teknik Elektro Bidang Studi Teknik Sistem Pengaturan. "Kami serius menggarap pelatihan ini, kami juga merekrut beberapa karyawan yang berasal dari alumni untuk dapat berpartisipasi disini,untuk info lebih jelas dan lengkapnya tentang pelatihan ini dapat melihat info lengkapnya di www.cssc.its.ac.id," jelas Joko. Tercatat ada delapan orang dosen Teknik Pengaturan yang mendukung pelatihan ini dan beberapa orang karyawan yang berada dalam tim marketing.

Pelatihan yang diadakan setiap bulan ini memiliki tiga tingkatan. Pada tingkat dasar (basic) peserta akan menerima materi pengenalan PLC, ladder diagram, komponen hardware, dan fasilitas timer dan counter. Tingkatan dasar (basic) ini akan menjadi prasyarat untuk dapat melanjutkan ke tingkat lanjut. Pada tingkat lanjut (advance) peserta akan mendapatkan materi Human Machine Interface, Instruksi Comparative dan Arithmetic, Pengenalan Supervisory Control, dan Komunikasi PLC-PC-Plant. Selanjutnya, pada tingkat mahir, peserta akan mendalami PLC merk dan type tertentu. Setiap pelatihan akan diadakan selama 5 hari berturut-turut.

Joko mengatakan bahwa diadakan juga pelatihan paket mahasiswa. "Kami juga mengadakan paket pelatihan PLC khusus mahasiswa. Buat teman-teman mahasiswa cuma seratus lima puluh ribu,"jelas Joko. Terakhir, pelatihan khusus paket mahasiswa ini diadakan pada Jumat-Minggu, tanggal 3-5 Maret kemarin. Namun Joko merencanakan akan mengadakan pelatihan paket mahasiswa lagi dalam waktu dekat ini.(Jie/rin)

Berita Terkait