ITS News

Minggu, 29 September 2024
01 Maret 2006, 13:03

SMAN 9 Surabaya Boyong Dua Juara Basket Himatika

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) ITS kali ini menggelar lomba basket 3 on 3 antar siswa SMA se-Surabaya, Gresik dan Sidoarjo. Dengan mengambil tema “Mathematic In Action (MIA)”, pertandingan ini diikuti oleh 8 tim dari 5 sekolah di Surabaya dan Gresik. Yakni SMA Khadijah ( 2 tim ), SMAN 1 Surabaya, SMA 1 Cerme ( 2 tim ), SMA Muhammadiyah 3 Surabaya, dan SMAN 9 Surabaya ( 2 tim ).

Rabu (1/3), pukul dua siang, Lapngan Basket ITS sudah terlihat ramai dengan sorak penonton. Pertandingan yang ditentukan dengan sistem loting ini dibuka oleh pertandingan antara SMAN 1 Surabaya dengan tim A dari SMA Khadijah.

Petandingan selanjutnya mempertemukan antara SMA 1 Cerme ( tim A) dengan SMAN 9 Surabaya (tim B), pertandingan ke tiga antara SMAN 9 (tim A) dengan SMA 1 Cerme (tim B), dan pertandingan terakhir adalah antara SMA Khadijah (tim B) dengan SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Namun, saat memasuki babak ke dua pertandingan terakhir ini, hujan turus cukup deras sehingga pertandingan ditunda hingga hari Kamis (2/3).

Setelah melalui kompetisi yang panjang dan melelahkan, akhirnya dua tim yakni tim A dan B dari SMAN 9 bertemu di babak final pada Jumat (3/3). Dapat dipastikan SMAN 9 akan menyabet dua gelar juara tertinggi itu. Walau demikian, para finalis terlihat antusias dan bersungguh-sunnguh dalam memasukkan bola ke dalam keranjang. Dan akhirnya, tim A mengungguli pertandingan dan keluar sebagai juara I dan tim B sebagai juara II. Sedangkan juara III disabet SMAN 1 Surabaya.

Basket Ball 3 On 3 ini memperebutkan uang tunai dan tropi. Juara I mendapatkan uang 750 ribu rupiah, juara II memperoleh 500 ribu rupiah, dan juara III memperoleh uang 350 ribu rupiah. Hadiah pemenang akan diberikan pada tanggal 12 Maret 2006, bersamaan dengan pemberian hadiah untuk Mathematic Fun Game 2006. “Kami berharap terjadi peningkatan jumlah peserta di tahun–tahun yang akan datang,” ungkap Fajar, ketua panitia.

Seperti diketahui, MIA terdiri dari tiga kegiatan dan merupakan program kerja gabungan dari beberapa departemen. Yakni Basket Ball 3 On 3 (Departemen Hubungan Eksternal), Seminar Kewirausahaan (Departemen Kewirausahaan), dan Mathematic Fun Game 2006 (Departemen Pendidikan).(dew/ftr)

Berita Terkait