ITS News

Minggu, 29 September 2024
05 Maret 2006, 16:03

Sedikit Peserta, Lomba Nasyid Disemarakkan Bintang Tamu

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pada bulan Februari dan Maret ini Jamaah Masjid Manarul Ilmi (JMMI) ITS mengadakan serangkaian acara untuk menyemarakkan tahun baru Hijriah dan bulan Muharam dengan tajuk SMART (Semarak Muharam Penuh Arti) 1427 H . Salah satu kegiatan dalam acara ini adalah Lomba Nasyid tingkat pelajar pada Jumat-Sabtu (3-4/3) di lapangan utara Masjid Manarul Ilmi. Sebagaimana layaknya nasyid pada umumnya, peserta pun menyanyi secara acapela. Untuk menambah kental suasana islami, para peserta lomba ini wajib mengenakan baju koko.

Menurut MC dalam acara ini Harianto, sebenarnya ada delapan tim yang mendaftar dalam untuk mengikuti lomba nasyid ini. ”Namun akhirnya yang datang hanya empat tim,” ungkap Harianto. Keempat tim peserta lomba ini adalah SMP Lukmanul Hakim dan STAIL serta dua tim dari SMPN 7 Surabaya. Meski minim peserta, acara tetap dilaksanakan..

Pada hari pertama keempat grup ini membawakan penampilan terbaiknya dihadapan dewan juri yang terdiri dari para personil group nasyid Surabaya, Focus Voice. Peserta lomba nasyid ini diharuskan untuk membawakan lagu wajib "Generasi Harapan" dari grup nasyid Izzatul Islam.

Tim Revo Voice dari SMPN 7 Surabaya akhirnya bisa merebut juara satu dan membawa pulang hadiah piala beserta uang senilai Rp 300.000. Meskipun masih sangat muda, grup vokal yang terdiri atas 7 orang ini cukup piawai dalam membawakan lagu-lagu islami.

Karena peserta lomba ini hanya diikuti sedikit peserta, gema acara ini kurang terasa. Untungnya grup nasyid Focus Voice bersedia menyemarakkan acara ini dengan membawakan beberapa tembang nasyid. Beberapa grup nasyid tamu seperti AVE dan Insan Voice juga turut naik ke panggung. Lomba ini juga disemarakkan dengan penampilan dari tim nasyid mahasiswa dari kajian jurusan di ITS, yaitu tim nasyid dari Teknik Fisika, D3 Computer Control dan Teknik Informatika. Penampilan bintang tamu ini membuat penonton tetap semangat meski cuaca di sekitar panggung mendung.(rif/ftr)

Berita Terkait