ITS News

Senin, 30 September 2024
05 Maret 2006, 19:03

Tahun ini, PKMI Harus Dalam Tim

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Beberapa aturan baru mengenai penulisan Program Kreativitas Mahasiswa Ilmiah (PKMI) tahun 2006 ini dikeluarkan Dikti (Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi). PKMI yang biasanya dapat ditulis oleh seorang mahasiswa, kini harus dikerjakan oleh minimal tiga mahasiswa. Mereka pun harus terdiri dari dua angkatan. Aturan-aturan baru inilah yang membuat ITS mengadakan sosialisasi dan pelatihan PKMI  pada Sabtu-Minggu (3-4/3) di Rektorat lantai 2. Lebih dari 20 mahasiswa mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh tim Penalaran Ilmiah ITS ini.

Komandan kegiatan Penalaran Ilmiah ITS, Prof Drs Nur Iriawan Mikom PhD, menuturkan bahwa PKMI tahun ini membutuhkan kerjasama tim yang kuat. ”Ini karena PKMI tahun kemarin sangat kurang dalam team work. Apalagi sekarang harus dilakukan oleh tiga sampai lima mahasiswa dan terdiri dari dua angkatan," jelas dosen jurusan Statistika ITS ini. Oleh sebab itu, imbuh Nur, karya Tugas akhir (TA) yang merupakan kerja mandiri mahasiswa tidak boleh lagi diikutsertakan dalam PKMI.

Nur kemudian menjelaskan alasan DIKTI mewajibkan peserta dari dua angkatan adalah karena pada tahun-tahun sebelumnya, sering dijumpai para finalis PKMI di PIMNAS telah lulus dan sudah tidak menyandang status mahasiswa lagi. Sehingga dengan dua angkatan, papar Nur, para finalis di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa tertinggi di Indonesia ini murni dari kalangan mahasiswa. Generasi dari angkatan yang lebih muda pun dapat melanjutkan penulisan PKMI yang telah mereka rintis dengan para senior.

Format penyerahan laporan, ujar Nur, juga mengalami perubahan.”Oh ya, nanti
selain ditulis dalam bentuk word (Microsoft Word, Red), juga diminta dalam bentuk PDF,” tegas pria kelahiran Blitar, 15 Oktober1962. Selain itu, karya tulis haruslah ditulis dalam format artikel ilmiah. Dan yang dikirimkan pada Dikti nantinya tidak hanya berupa hard copy saja, tetapi juga dalam bentuk soft copy. ”Saya sarankan bukan dalam disket tapi CD saja, sebab takutnya ntar di jakarta nggak bisa dibuka filenya,” papar Pembantu Dekan III FMIPA ini.

Aturan terakhir yang harus diperhatikan mahasiswa adalah bahwa presentasi finalis PKMI 2006 akan langsung dilakukan pada PIMNAS bulan Juli mendatang di Universitas Muhammadiyah Malang. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang memberi waktu setahun bagi finalis untuk menyelesaikan karya tulisnya. "Untuk itu saya harap anda berusaha  menyelesaikannya," pesan Nur menyemangati. (th@/ftr)

Berita Terkait