ITS News

Minggu, 29 September 2024
12 Maret 2006, 07:03

ITS Rencanakan ESQ Untuk Panitia Pengkaderan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

ITS berencana akan mengadakan pelatihan ESQ dalam waktu dekat ini. Pelatihan ini tak lain untuk mempersiapkan mahasiswa dalam kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru tahun 2006 yang akan datang. Hal itu disampaikan PD III FTIf Ir Muchammad Husni MKom saat pembukaan Bakti ITS, Jumat (10/3) di lapangan perpustakaan ITS. "Rencananya kami akan mengadakan ESQ untuk persiapan pengkaderan. Ini ditujukan untuk panitia pengkaderan di ITS," katanya.

ESQ dalam pengkaderan, dimaksudkan agar proses pengkaderan di ITS jauh dari kesan kekerasan dan balas dendam panitia kepada mahasiswa baru. "Kami berharap ESQ dapat merubah pola pikir panitia pengkaderan tentang proses pengkaderan, sehingga mereka bisa berpikir lebih jauh sebelum bertindak," ungkap Husni.

Sementara itu menanggapi tentang BITS, Husni mengatakan, paradigma yang berkembang di kalangan dosen, BITS merupakan kegiatan sosial yang diadakan mahasiswa. Namun ternyata, sebagai salah satu proses kaderisasi mahasiswa, BITS cukup efektif dalam mepersatukan mahasiswa. "Ternyata, setelah saya tanyakan kepada pengonsep, disini (Bakti ITS, red) mahasiswa juga diajarkan tentang integralistik, dan manajemen mahasiswa. Ini sangat bagus untuk persatuan, apalagi jika kelak disentuh dengan ESQ, pasti akan lebih indah," katanya.

BITS merupakan pengkaderan massal institut. Namanya pun kerap berganti, dulu pernah dipakai nama Integralistik Workshop serta Bakti Kampus. Jumlah peserta BITS untuk tahun inii sekitar 500 mahasiswa. Ini dikarenakan ada beberapa jurusan di ITS yang tidak mengikuti dengan berbagai alasan.

"Ini merupakan pelajaran bagi kita semua, dan merupakan sesuatu yang harus dipecahkan. Mengapa ada beberapa jurusan yang tidak mau ikut Bakti ITS, semua itu pasti ada jawabnya. Yang penting. bagi calon panitia OMB tahun depan persiapkan diri anda untuk ESQ," jelas Husni. Ia juga merasa bangga dengan panitia BITS dan BEM ITS yang telah berusaha mempersatukan mahasiswa ITS. Menutup sambutannya, Husni secara resmi membuka Bakti ITS.(jie/asa)

Berita Terkait