ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
07 Oktober 2019, 01:10

Luncurkan Kapal Baru, Tim Barunastra Optimistis Juara Umum

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Pembina Tim Barunastra ITS, Direktur Kemahasiswaan, bersama pimpinan ITS lainnya ketika Pelepasan dan Demo Kapal menuju KKCTBN 2019

Kampus ITS, ITS News – Tim Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali meluncurkan tiga kapal hebatnya. Kapal besutan Tim Barunastra tersebut secara resmi diluncurkan di Danau delapan ITS. Rencananya ketiga kapal tersebut akan berlaga dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2019 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), 10-13 Oktober mendatang.

Dalam ajang tersebut terdapat tiga kategori yang akan diikuti oleh Tim Barunastra. Pada kategori Electric Remote Control (ERC), Kapal Baraccuda Q-Mark Van-Tech akan berlaga mewakili ITS. Untuk kategori Fuel Engine RC (FERC) akan diwakili oleh Kapal Arnest. Sementara pada kategori Autonomous Surface Vehicle (ASV) akan diwakili oleh Kapal Nala Evo Mark IV. “Ketiga kategori kapal tersebut bertemakan Teknologi Kapal Cepat dalam Upaya Pertahanan Wilayah Kedaulatan NKRI di Era Revolusi Industri 4.0,” ungkap Ketua Tim Barunastra ITS, Khoirudin Nawawi.

Rudin, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa komponen ketiga kapal tersebut memiliki perbedaan. Untuk kapal kategori ERC dan FERC menggunakan remote control karena didesain khusus untuk kapal cepat. Kecepatan kapal yang tinggi dapat dikontrol dengan mudah melalui remote control. Khusus untuk kapal kategori FERC memiliki tambahan komponen engine dan menggunakan bahan bakar sehingga pada kapal tersebut akan menghasilkan gas buang. “Sedangkan untuk kapal kategori ASV sendiri tidak menggunakan remote control,” terangnya kepada Kru ITS Online.

Pada saat perlombaan, ketiga kapal tersebut akan berlaga di lintasan danau yang berbeda. Terdapat dua jenis danau, yaitu danau yang digunakan sebagai tempat wisata dan danau yang berada dalam lingkungan kampus. Untuk kategori ERC dan FERC, lintasannya berputar mengelilingi kolam dan akan ditentukan besar kecepatan yang ditempuh. Sementara untuk kategori ASV memiliki pola lintasan yang sudah disesuaikan bentuknya. “Misi dari ASV adalah kecepatan sekaligus kemampuan kapal untuk tidak menabrak lintasan,” timpalnya.

Mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan tersebut menambahkan bahwa ketiga kapal yang akan berlaga nanti memiliki kelebihan masing-masing. Kapal kategori ASV memiliki stabilitas yang tinggi dan manuver yang lebih bagus. Sementara kapal yang akan mewakili ITS di kategori ERC, akan didesain khusus dengan kecepatan yang lebih tinggi. “Untuk kapal yang berlaga di kategori FERC nantinya memiliki keunggulan desain yang lebih baik dan potensi kerugian yang terjadi di engine machine lebih sedikit dari tahun lalu,” katanya.

Ketika disinggung soal keunggulan ketiga kapal dibandingkan kapal tahun lalu, Rudin mengaku bahwa perbedaanya terletak pada desain dan optimasinya yang jauh lebih baik. Kapal pada kategori ERC dan FERC lebih difokuskan pada kecepatan. Sementara kapal di kategori ASV, didesain mampu melewati lintasan tanpa tersentuh jalur kiri dan kanan dengan kecepatan optimal.

Kapal yang sudah didesain selama tiga bulan lebih ini diharapkan mampu menorehkan prestasi yang membanggakan bagi ITS. Target yang ingin dicapai oleh Tim Barunastra adalah juara umum. “Kami optimis akan bawa pulang juara umum lagi,” pungkasnya mantap. (ion6/bel)

Ketua Tim Barunastra ITS , Khoirudin Nawawi, saat memberikan sambutan di acara launching kapal Barunastra ITS.

Berita Terkait