ITS News

Minggu, 29 September 2024
27 Maret 2006, 13:03

Kasihani: Dosen Harus Punya Variasi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam presentasinya pagi itu, Prof Dr Ir Kasihani KE Suyanto mengungkapkan bahwa dosen harus selalu mengingat tugasnya sebagai pengembang materi. "Dosen adalah pengembang materi. Mereka harus mencocokkan materi sesuai dengan kebutuhan, menyeleksi, mengadopsi, mengadaptasi, modifikasi, menambah ataupun mengurangi", paparnya dengan makalah yang berjudul Teaching Materials : Role, Design, and Development. Seorang dosen yang baik, menurut Kasihani, harus paham perihal materi yang akan disampaikannya karena merupakan referensi bagi mahasiswa.

Kasihani pun mengingatkan betapa pentingnya variasi dalam menyampaikan materi. "Dosen harus pintar-pintar dalam menyampaikan materi agar mahasiswa tidak bosan dan materi dapat terserap dengan baik," tambahnya. Dengan kata lain, lanjutnya, terjadi hubungan timbal balik yang positif antara dosen, mahasiswa dan materi itu sendiri. Sebagai pelengkap materi atau bahan ajar, dosen pun bisa menambah informasi terbaru yang sedang atau akan terjadi. "Tapi ingat, informasi tambahan yang disampaikan harus tetap relevan dengan topik yang dibahas," tegas wanita berkaca mata ini.

Mengenai perkembangan materi bahasa yang sangat cepat, Susi sebagai panitia menganggap bahwa workshop ini dapat membantu para dosen mengikuti perkembangan tersebut. Hal ini dilakukan melalui sharing informasi antar peserta.

Selain Kasihani, workshop ini juga menghadirkan dua pembicara, yakni Setyadi Setyapranata, MPd yang mempresenntasikan Laboratory in The Communicative Language Class dan Dr Sri Rachmajanti dengan papernya yang berjudul Teaching Methodology for Adult Learner.(dew/ftr)

Berita Terkait