ITS News

Minggu, 29 September 2024
26 Maret 2006, 08:03

SMS Hadirkan Presiden BEM Unair

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Mengambil tema Idealisme Seorang Muslim Dalam Menghadapi Jahiliyah Modern, acara Sunday Morning Spirit (SMS) kali ini mengundang Presiden BEM Unair sebagai pembicara. SMS yang dihadiri puluhan mahasiswa ITS ini digelar Minggu (26/3) di Masjid Manarul Ilmi ITS.

Azhari mengungkapkan ada lima karakteristik umum yang dimiliki pemuda. Pertama, sifat pemuda adalah mudah emosional dan tidak mudah puas dengan keadaan. “Selanjutnya, mereka sangat aktif. Karena puncak-puncaknya siklus hidup manusia ya di masa kita,” papar mahasiswa Unair angkatan 2001 ini. Sehingga, imbuh Azhari, pada masa ini banyak pemuda yang kuliah sambil nyambi kerja dan organisasi. “Wajar saja kalau masih fresh kondisinya, sebab masih nggak ada beban tanggung jawab keluarga. Jadi ngalor-ngidul enak, lebih bebas,” komentarnya.

Ketiga, lanjut pria yang kala itu menggunakan baju hijau, seorang pemuda mempunyai bekal semangat dan tekad untuk menghadapi tantangan. Kemudian, karakteristik yang lain, pemuda akan suka mencari hal-hal yang baru. “Makanya aneh jika ada pemuda yang hanya kuliah ngrungokno dosen, terus mengerjakan tugas lalu mulih. Padahal masa mereka ini adalah untuk mengembangkan diri,” komentar Azhari dengan logat Surabaya-nya. Terakhir, aktivitas para pemuda bersifat alamiyah dan internasional.

Setelah menjabarkan ciri khas pemuda, Azhari pun memberikan kiat yang harus dimiliki pemuda muslim dalam menyambut era globalisasi. Diantaranya, pendidikan Islam yang matang, knowledge dan kebijaksanaan, bekal leadership keorganisasian, serta followership. “Bekal ini dibutuhkan untuk membuat perubahan yang gradual (bertahap-red). Sebab, perubahan nggak hanya tugas presiden dan pemimpin saja tapi juga para rakyatnya, termasuk pemuda, “ pungkas mahasiswa yang pernah aktif di Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI)Unair ini.(th@/rin)

Berita Terkait