ITS News

Minggu, 29 September 2024
26 Maret 2006, 16:03

HMCC Berubah Nama

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ditemui di sela-sela waktu kuliah, Ketua HMCC yang kini berubah nama menjadi Hima D3tektro, Yanuar Teguh Pribadi, membenarkan adanya perubahan nama himpunannya. "Memang benar Mas tentang perubahan nama tersebut, kami juga telah membentuk Tim Independent untuk merumuskan segala tentang perubahan tersebut," ungkap Yanuar kepada ITS Online. Tim independent yang dikomandoi oleh Achmad Choiri tersebut, bertugas membuat nama, logo, serta mars Himpunan D3 Teknik Elektro.

Yanuar menjelaskan bahwa perubahan ini didasari oleh beberapa hal. "Perubahan ini salah satunya didasari oleh Ketetapan Rektorat, saya lupa nomornya. Disana menjelaskan bahwa himpunan mahasiswa jurusan itu terdiri dari mahasiswa dari 1 jurusan. Sedangkan Computer Control itu bukan jurusan, tapi bidang studi. Jurusannya adalah Teknik Elektro Program Study D3 Teknik Elektro," ungkap Yanuar.

Lalu bagaimana dengan tanggapan alumni? Yanuar menerangkan bahwa sebagian alumni banyak yang menyetujui perubahan tersebut. "Para alumni yang kami hubungi lewat mailing list kebanyakan mendukung perubahan tersebut. Asalkan perubahan ini membawa ke arah yang lebih baik," ungkap Yanuar. Namun tak dapat dipungkiri ada beberapa warga dan alumni yang kukuh menolak perubahan tersebut. "Ada beberapa alumni dan warga yang kurang setuju dengan perubahan ini, kami juga memahami, karena bisa jadi HMCC telah mendarah daging pada jiwa mereka, namun kapan lagi jika tidak sekarang perubahan ini harus terjadi. Kami hanya melakukan apa yang seharusnya kami lakukan", terangnya.

Terkait dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART), Yanuar menjelaskan bahwa hal tersebut akan menjadi pembahasan dalam Sidang Istimewa Himpunan. "Kami masih belum menentukan waktu sidang istimewa, karena teman – teman masih sibuk praktikum dan kuliah. Maklum saja Mas, kami program studi D3, banyak kegiatan praktikumnya," jelas Yanuar. Mahasiswa yang kini sibuk dengan Tugas Akhir ini mengatakan bahwa tahap perubahan himpunan tersebut kini baru sebatas perubahan nama, logo, jaket, serta mars. Dan yang lainnya akan dibahas pada Sidang Istimewa.

Di tempat terpisah, Ketua Program Studi D3 Teknik Elektro Computer Control, Ir Gatot Kusrahardjo MT menjelaskan bahwa sebenarnya ia sudah memberitahukan tentang kesalahan nama himpunan tersebut sejak tahun 1995, yaitu pada awal HMCC berdiri. "Saya sudah memperingatkan Kahima (Ketua Himpunan, Red) CC yang pertama tentang kesalahan nama himpunan tersebut. Namun karena pada waktu itu hanya ada satu bidang studi saja (Computer Control, Red), angkatan pertama Computer Control tak mau merubah nama himpunannya, mereka menganggap D3 Teknik Elektro ya Computer Control itu. Padahal Computer Control adalah salah satu bidang study," ungkap Gatot.

Diakui Gatot, hubungan dua kelompok mahasiswa di D3 Teknik Elektro tersebut kurang harmonis. "Kini setelah kurang lebih 11 tahun dan telah ada dua bidang studi, yaitu Computer Control (CC) dan Elektro Industri (EI), kesalahan nama di masa lalu tersebut terasa dampaknya," ungkap Gatot. Oleh karena itu Gatot segera memberikan arahan kepada Kahima CC periode 2005/2006 ini untuk merubah nama himpunannya. "Salah satu faktor yang menyebabkan kurang harmonisnya hubungan anak CC dan EI adalah soal nama himpunannya, semoga saja dengan perubahan ini hubungan mereka membaik," pungkas Gatot.(jie/ftr)

Berita Terkait

ITS Media Center > Berita Utama > HMCC Berubah Nama