ITS News

Minggu, 29 September 2024
26 Maret 2006, 21:03

Fun Rally HMM : Keliling Surabaya, Target Lewati 35 Pos

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selama dua hari pada Sabtu dan Minggu (25-26/3) kemarin, Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMM) menggelar rangkaian kegiatan Mechanical Fun n’ Safety Rally dalam rangka mengkampanyekan berkendara yang aman. Setelah pada hari pertama diadakan Seminar Safety Driving, rangkaian kegiatan ini ditutup dengan Fun Rally. Acara penutup ini melibatkan puluhan mobil dan menempuh rute berkeliling kota Surabaya.

Ketika diwawancarai seusai seminar, salah satu panitia, Anugrah Widi, mengatakan bahwa Fun Rally merupakan aplikasi dari seminar Safety Driving yang dihelat sebelumnya. ”Oleh karena itu peserta Fun Rally wajib ikut seminar ini, jika tidak bisa datang, ya diwakilkan. Sebab, kebanyakan mereka nggak mau ikut seminar,” paparnya.

Peserta rali ini adalah peserta tim yang berisi tiga orang, dan mengendarai satu mobil . ”Penilaian nantinya akan dihitung kecepatan, jarak dan waktunya,” jelas mahasiswa asli Surabaya ini. Rencananya, tandas Anugrah, jarak yang ditempuh rali ini sekitar 80 kilometer dan kecepatan maksimal tiap mobil sebesar 60 kilometer per jam. ”Peserta akan diberikan waktu maksimal lima jam untuk menyelesaikannya. Sebab, targetnya peserta akan melewati 35 pos di Surabaya, ” tegasnya. Untuk start dan finishnya akan dilokasikan di Taman Alumni ITS

Tentang teknis perlombaan, tiap tim peserta rali akan diberikan soal seperti peta buta. "Contohnya mereka akan ditunjukkan arah belok kanan, dan pada jarak ini harus stop. Nah tiap pos akan ada stempelnya. Peserta akan diberikan kartu kontrol. Mereka diharuskan menstempelnya di kartu itu sebagai petunjuk atau tanda mereka telah melewati pos itu,” ucapnya panjang lebar.

Hadiah yang diberikan dalama rali ini sendiri sebesar Rp 500 ribu plus marchandise untuk masing-masing tim yang menang dalam dua kategori. ”Ada dua kategori peserta yang menang, yaitu untuk umum akan diambil juara sebanyak 15 sedangkan untuk mahasiswa akan diambil tiga,” pungkasnya. Peserta juga tidak hanya berasal dari warga ITS dan Surabaya saja, tetapi juga dari kota lain seperti Malang.(th@/rif)

Berita Terkait