ITS News

Minggu, 29 September 2024
09 April 2006, 08:04

Pencerahan Bagi Mahasiswa Tugas Akhir

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam ceramah yang dibawakan KH Fahmi Basya kepada sekitar seratus mahasiswa Teknik Lingkungan yang mengambil TA tersebut, disebutkan bahwa desain Al-Qur’an adalah sangat teratur dan mengikuti pola tertentu. Desain tersebut memperlihatkan bukti bahwa Kitab Suci Umat Islam ini merupakan buatan Allah SWT dan terjaga kemurniannya sepanjang masa.

Selain keagungan Al-Qur’an, KH Fahmi Basya, Dosen Matematika UIN Jakarta ini juga memaparkan tentang fenomena angka 19 dalam Al-Qur’an, permata sholat dan bumi yang bergambar. Ceramah pun semakin menarik saat dua siswi SMP Hidayatullah, Indi dan Zulfa menunjukkan permata mendemokan hafalan urutan khusus surat-surat dalam Al-qur’an yang sesuai dengan permata sholat.

Dr Ir Joni Hermana, PhD, dosen Teknik Lingkungan ITS, dalam kegiatan ini menyampaikan keunggulan pelatihan SSQ atau Sains Spiritual Qur’an. ”Beda pelatihan SSQ dan ESQ yang telah dikenal secara umum adalah bila SSQ mengolah otak kiri, sedangkan ESQ mengolah otak kanan manusia.” Mengakui bahwa acara ceramah ini sangat berguna, ia pun berharap bahwa tradisi pencerahan ini bisa diteruskan di Jurusan Teknik Lingkungan.

Pelatiahan ini memang dikhususkan kepada mahasiswa yang mengambil TA. Ir Agus Slamet, MSc, Ketua Jurusan Teknik Lingkungan, mengungkapkan bahwa pihaknya ingin membekali mahasiswa dengan pencerahan dan ceramah. "Juga pada umumnya, kepada para dosen dan karyawan,” ujar Agus.(li/ftr)

Berita Terkait