ITS News

Minggu, 29 September 2024
15 April 2006, 14:04

200 Mahasiswa ITS Ikuti Pelatihan ESQ

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dikatakan Husni, pemberian materi ESQ dalam kegiatan pengkaderan adalah agar proses pengkaderan di ITS jauh dari kesan kekerasan dan balas dendam panitia kepada mahasiswa baru. "Kami berharap ESQ dapat mengubah pola pikir panitia pengkaderan tentang proses pengkaderan, sehingga mereka bisa berpikir lebih jauh sebelum bertindak," kata Husni.

Lebih dari itu, katanya menjelaskan, karena yang mengikuti pelatihan ESQ ini adalah para fungsionaris mahasiswa baik di tingkat jurusan maupun di BEM, maka diharapkan nantinya berbagai kegiatan dan aksi di tingkat mahasiswa sudah didasari dengan kecerdasan emosional dan spiritual. ”Kami menyadari kecerdasan intelektual atau IQ bukan satu-satunya cara mengantarkan mahasiswa untuk bisa berprestasi dan berguna di masyarakat, tapi ada kecerdasan lain seperti kecerdasan emosional, EQ, dan kecerdasan spriritual, SQ, yang juga menentukan, karena itulah kami juga membekali para mahasiswa tentang dua kecerdasan itu melalui pelatihan ESQ,” katanya.

Kendalanya, kata Husni menambahkan, memang tidak semua mahasiswa ITS akan menerima pelatihan itu, tapi melalui berbagai perwakilan yang dipilih oleh para mahasiswa sendiri. Dan diharapkan nantinya, mereka yang telah mendapatkan pelatihan tersebut dapat menularkan hasilnya kepada mahasiswa lainnya. ”Ini harapan kami dengan kendala tadi, karena itu mereka yang dipilih pun memang benar-benar diseleksi, sehingga ke depan akan mampu menularkan apa yang telah mereka peroleh,” katanya. (Humas/ftr)

Berita Terkait