ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
20 Oktober 2019, 05:10

Mahasiswa Muslim, Yuk Kenali Program JMMI ITS

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

 

Sesi kajian seusai melaksanakan salat subuh berjamaah, merupakan rangkaian kegiatan ITS Cinta Subuh yang diadakan setiap hari sabtu

Kampus ITS, ITS News – Belajar di kampus perjuangan tidak melulu di balik bangku perkuliahan, akhlak dan moral wajib ikut dikembangkan. Mengamini hal itu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyajikan berbagai program spiritual bagi mahasiswa muslim melalui Jamaah Masjid Manarul Ilmi (JMMI).

M Luthfi Hafizuddin, Ketua Umum JMMI menjelaskan, ada banyak program yang disediakan oleh lembaga dakwah kampus ini. Program tersebut sengaja disiapkan untuk mewadahi mahasiswa muslim yang ingin mendalami nilai-nilai keimanan dan ketakwaan. “ITS Cinta Subuh (ICS), ITS Mengaji, Mentoring Wajib dan Komunitas Shaum Sunnah ITS (KSSI)  menjadi program andalan kami,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Luthfi menjelaskan bahwa ICS merupakan program untuk membangkitkan semangat salat berjamaah di Masjid Manarul Ilmi. Program ini rutin diadakan setiap hari sabtu. Diawali dengan salat Subuh berjamaah dan dilanjutkan dengan kajian rutin. “Seusai kegiatan, jamaah Masjid Manarul Ilmi juga akan dijamu dengan hidangan sarapan pagi sebagai penutup kegiatan,” imbuhnya. 

Program kedua yang disuguhkan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran mahasiswa adalah ITS Mengaji. Kegiatan ini rutin diadakan di selasar masjid kampus Manarul Ilmi seusai salat magrib. Bahkan program ini sengaja disiapkan sebagai media menghafal Al-Quran. “Harapannya lulus dari ITS tidak hanya bergelar sarjana teknik saja, kualitas membaca dan memahami Al-Quran pun harus meningkat,” tambah mahasiswa Teknik Kelautan itu. 

Program ketiga yang menjadi andalan JMMI adalah Mentoring Wajib. Mentoring sendiri bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa baru ITS melalui kegiatan diskusi. Singkatnya, mahasiswa baru dapat memanfaatkan program ini untuk memperdalam materi agama islam yang disampaikan dosen saat kuliah. “Diskusi tersebut dipandu oleh mentor yang juga berstatus sebagai mahasiswa,” jelasnya.

Kegiatan ITS Mengaji yang diadakan oleh JMMI ITS seusai salat magrib.Program terakhir yang ditawarkan adalah Komunitas Shaum Sunnah ITS. Melalui program ini JMMI menyediakan makanan untuk berbuka puasa sunnah di hari senin dan kamis maupun puasa sunnah lainnya. “Tak hanya mahasiswa ITS, masyarakat luas yang sedang menjalankan puasa sunnah dapat ikut berbuka di Masjid Manarul Ilmi,” ujarnya.

Diterangkan Luthfi, program-program tersebut berada di bawah naungan Departemen Syiar. Ia berharap, jamaah Masjid Manarul Ilmi yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan masyarakat dapat terfasilitasi untuk beribadah. “Ini adalah bentuk pelayanan bagi jamaah, semoga dapat memberi rasa nyaman saat beribadah,” pungkasnya. (ion4/hen)

Berita Terkait