ITS News

Sabtu, 28 September 2024
28 April 2006, 12:04

Education Expo: Ramaikan Pengunjung Lewat ‘Bule’

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Berbagai acara digelar dalam PIMITS 9, salah satunya education expo yang menyediakan beragam informasi mengenai pendidikan luar negeri. Acara PIMITS 9 yang terpusat di Graha ITS ini, masing-masing acara berlomba-lomba menarik banyak pengunjung, begitu juga dengan Education Expo.

Terlihat dari empat stan yang tersedia, tampak satu stan yang tergabung dalam lembaga pendidikan internasional bernama international village ramai dikunjungi oleh pengunjung yang terdiri dari mahasiswa. Seorang perempuan asal Amerika bernama Elizabeth inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Tak sedikit dari para pengunjung mencoba bertanya jawab dengan bahasa Inggris, karena memang penjaga stan Aminef ini tidak lancar dalam bahasa Indonesia. Meskipun demikian, Elizabeth tidak menjadikan masalah dalam berkomunikasi dengan para komunikasi. Sesekali menggunakan bahasa isyarat untuk menyambung komunikasi bila bertemu dengan pengunjung yang kurang lancar dalam bahasa Inggris.

Selain medapatkan informasi pendidikan di Amerika, para pengunjung juga dapat melatih kemampuan berkomunikasi langsung dengan ‘bule’ dalam bahasa Inggris. Seperti halnya yang dilakukan oleh Dahlia, salah seorang pengunjung asal ITS. “Gak hanya dapet info pendidikan tapi tapi lumayan juga nambah pengalaman ngomong sama turis asing, itung-itung nyoba kemampuan bahasa Inggris,” ungkapnya.

Menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung Education Expo dalam mengunjungi stan international village yang terdiri dari tiga negara, Australia, Belanda, dan Amerika Serikat. Selain dapat berkonsultasi dan mengikuti presentasi, pengunjung kerap kali juga menadapatkan berbagai souvenir menarik seperti, tas, ballpoint, blocknote, gantungan ponsel, dan buku.

Education Expo kali ini tak hanya mengikutsertakan lembaga pendidikan luar negeri, namun juga berbagai macam program pendidikan yang terdapat di ITS. Dalam kesempatan ini Education Expo menghadirkan empat stan dan tiga diantaranya berasal dari program vokasional satu tahun yang tegabung dalam P2B, NIIT, dan Language Center ITS (LCI).

Momen ini menjadi sangat strategis bagi lembaga-lembaga program pendidikan di ITS ini, selain untuk mempromosikan kepada masyarakat umum juga penting untuk segenap civitas akademika ITS sendiri. Karena tak sedikit diantara para mahasiswa yang belum mengetahui tentang keberadaan berbagai lembaga program pendidikan di ITS.

“Sebetulnya sangat efektif bila benar-benar dimanfaatkan, secara tidak langsung melalui Education Expo ini dapat mempromosikan kepada masyarakat diluar kampus dan mahasiswa sendiri, soalnya tidak sedikit dari mahasiswa yang belum tahu tentang keberadaan program pendidikan di ITS seperti Language Center ITS,” ujar Lubna Algadrie, kepala LCI. (han/rif)

Berita Terkait