ITS News

Minggu, 29 September 2024
16 Mei 2006, 12:05

Wakili Bangsa, Dana Masih 40 persen

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Demi mempertahankan prestasi yang telah diraih sebelumnya, sejak awal perekrutan anggota baru, tim ITS Maritime Challenge 2006 telah mempersiapkan berbagai hal. Mulai dari perbaikan kapal MERDEKA di bengkel kayu Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, latihan nomor-nomor yang nantinya akan dilombakan di antaranya dayung dan layar dengan dengan memanfaatkan Pantai Ria Kenjeran sebagai tempat latihan hingga latihan fisik di stadion ITS.

Menteri Pariwisata dan kebudayaan Jero Wacik juga sudah menyatakan kesediaannya untuk membantu tim berupa pembebasan biaya fiskal. Namun, dana yang berhasil dikumpulkan masih sekitar 40 persen dari kebutuhan keseluruhan sehingga saat ini tim ITS masih berusaha mencari sponsor dan donator. “Sampai sejauh ini proses pengumpulan dana masih baru berjalan dan baru tercover sekitar 40 persen,” ungkap Rektor ITS, Prof Ir Muhammad Nuh DEA. Pembuatan kapal dan pendanaan tim ITS didukung sejumlah pihak. Diantaranya, Pemprop Jatim, Pemkot Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Bojonegoro.

Padahal pengalokasian dana yang dibutuhkan antara lain untuk pengiriman kapal ke Italia yang rencananya akan dilaksanakan paling lambat 3 Juni 2006 dengan kontainern pengiriman anggota beserta akomodasi selama lomba, perawatan dan perbaikan kapal MERDEKA, dan latihan intensif 3 bulan sebelum lomba. Kabarnya dana total yang diperlukan untuk ke Italia adalah sekitar 250 juta.

Rektor ITS, mengharapkan bahwa nantinya dengan lomba Internasional ini, bukan hanya sukses dalam akademik, tapi lebih dari itu mengenalkan kepada masyarakat dunia. (th@/)

Berita Terkait