ITS News

Sabtu, 28 September 2024
22 Mei 2006, 18:05

ITS Jadi Tuan Rumah FORMASI VIII Se-Jatim

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ketika diwawancarai di sela-sela acara, Singgih tri Wicaksono, koordinator panitia, mengatakan bahwa ini adalah kali ke 8 digelarnya symposium formasi. “ITS telah dua kali menjadi tuan rumah. Dulu gagasan terbentuknya formasi juga di ITS. Jadi formasi pertama dicetuskan di ITS pada tahun 2003, “ terang mahasiswa jurusan Fisika MIPA angkatan 2004 ini.

Dalam forum ini, kampus se-Jawa timur diundang untuk mengirimkan delegasinya. “Terserah berapa delegasi mahasiswa yang akan dikirim untuk presentasi. Yang jelas tiap kampus diminta mengirimkan dua sampai tiga makalah,” tutur Singgih. Para peserta itu, lanjut mahasiswa kelahiran 11 februari 1986 ini, nantinya akan diberikan waktu presentasi 20 menit plus tanya jawab. Apa yang dipresentasikan? Tentu saja makalah penelitian yang terkait dengan ilmu Fisika, jawab Singgih.

Dalam tiga hari kegiatan, imbuh Fisika, hari Sabtu (20/5) kemarin digunakan untuk sidang membahas raker Formasi satu tahun beserta LPJnya. Pada hari berikutnya dimanfaatkan untuk presentasi makalah. “untuk sidang, kami melakukannya rutin tiap enam bulan sekali diadakan. Jadi dalam setahun ada dua kali sidang,” katanya.

Untuk anggota FORMASI sendiri ada sepuluh Perguruan Tinggi se-Jatim yang termasuk di dalamnya. “Di Malang ada empat, jember dua dan Surabaya tiga. Perguruan Tinggi ini ada yang swasta,” rincinya. Sedangkan untuk symposium kali ini, dari pengamatan ITSOnline, ada enam kampus yang turut serta. Kampus itu adalah ITS, unibraw, Unair, kajuruhan, Unesa dan UIN.

Uniknya, penutupan Simposium ini dibungkus dalam olahraga futsal. “nanti sore akan ada futsal selama dua jam di lapangan ITS. Ini buat refreshing aja sekalian penutupan,” pungkas mahasiswa kelahiran Surabaya ini. (th@/)

Berita Terkait