ITS News

Sabtu, 28 September 2024
24 Mei 2006, 11:05

E-learning Akan Segera Diterapkan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Rencana penerapan e-learning ini disampaikan langsung oleh ketua jurusan Teknik Informatika, Yudhi Purwananto SKom MKom, di pembukaan seminar “Membangun E-Learning untuk Menunjang Perkuliahan di Kampus”, yang diselenggarakan oleh jurusan Teknik Informatika ITS di Gedung Pasca Sarjana, Selasa siang (23/5). Seminar ini menghadirkan pakar e-learning, Romi Satria Wahono.

Diharapkan dengan e-learning ini proses pendidikan di Teknik Informatika bisa lebih efektif. “Kalau bisa sebelum semester mahasiswa sudah membaca materi yang akan diajarkan,” terang Yudhi. Selain itu dengan e-learning ini juga akan mendukung dilaksanakannya kegiatan belajar jarak jauh.

Aplikasi ini diharakan sudah bisa dipakai secara lengkap oleh para mahasiswa dalam waktu dekat. “Kita harapkan ini akan selesai dalam tiga tahun,” terang Yudhi yang juga alumni Teknik Informatika ini.

Selama ini pelaksanaan belajar mengajar di Teknik Informatika sudah mulai melibatkan e-learning. Beberapa dosen misalnya sudah menyediakan rekaman video materi ajar yang bisa di-download dan dipelajari oleh mahasiswa.

Laksanakan Grant A3
Sementara itu, jurusan Teknik Informatika juga mulai melaksanakan berbagai kegiatan sebagai realisasi Grant A3 yang baru diterimanya. Beberapa waktu lalu jurusan ini memang baru saja mendapat bantuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), setelah melalui proses yang cukup ketat, termasuk survey lapangan dan persaingan dengan perguruan tinggi lainnya.

Salah satunya kegiatan untuk memanfaatkan grant A3 ini adalah seminar tentang e-learning yang menghadirkan pendiri IlmuKomputer.com, Romi Satria Wahono. Acara ini mendapat tanggapan yang cukup baik dari para mahasiswa.

Dalam seminar ini selain berbagi tips tentang pengembangan e-learning yang sukses, Romi yang juga peneliti LIPI ini berbagi cerita sukses tentang pengembangan situs IlmuKomputer.com yang didirikannya. “Acara ini sangat bermafaat. Sebelum ikut seminar ini saya masih agak bingung tentang tujuan belajar teknologi informasi,” ungkap Purna, salah satu mahasiswa Teknik Informatika.(rif/asa)

Berita Terkait