ITS News

Sabtu, 28 September 2024
05 Juli 2006, 17:07

Terlambat, Tak Bisa Ikut SPMB

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) merupakan salah satu ajang bagi lulusan SMA dan sederajat untuk memasuki perguruan tinggi negeri. Seperti tahun-tahun sebelumnya, SPMB berlangsung selama dua hari berturut-turut. Hari pertama, Rabu (5/7), untuk tes kemampuan dasar yaitu matematika dasar, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Sedangkan hari kedua, Kamis (6/7), untuk kemampuan IPA dan kemampuan IPS.

Pada hari pertama, pelaksanaan SPMB cukup lancar. Hingga pukul 09.00, menurut data dari panitia lokal SPMB wilayah Surabaya, Joko Santoso, hanya ada dua laporan keterlambatan dan belum ada data mengenai pelanggaran lainnya. “Aturan yang telah ditetapkan oleh panitia SPMB tahun ini untuk toleransi keterlambatan ditetapkan 30 menit untuk hari pertama dan 15 menit untuk hari kedua. Jika lebih dari itu, maka peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian, apapun alasannya,” ujarnya ramah.

Jika peserta yang terlambat tidak diperkenankan mengikuti SPMB, lain halnya dengan mereka yang kehilangan tanda peserta. Dengan menyerahkan kartu identitas lain, mereka tetap bisa mengikuti ujian. "Namun setelah ujian, mereka harus mengurus kartu baru untuk SPMB besuk (Kamis, red) ke panitia di Graha ITS," terang Joko.

Mengantisipasi keterlambatan dari peserta SPMB, beberapa posko mahasiswa yang kemarin hanya memberikan informasi mengenai lokasi ujian, tampak menyiapkan beberapa sepeda motor. Kendaraan ini digunakan untuk mengantar peserta agar tidak terlambat mengikuti tes.

Tak hanya dari mahasiswa, di beberapa lokasi SPMB, tampak beberapa orangtua menunggui putranya yang tengah ikut SPMB. Mereka rela mengantar sampai ke tempat ujian agar anaknya dapat mengikuti SPMB dengan tenang. ”Kalo enggak ditunggui, nanti pulangnya takut nyasar mbak” kata Setiawan, salah satu keluarga peserta yang berasal dari Pamekasan. (m2/m3/m4/rin)

Berita Terkait