ITS News

Sabtu, 28 September 2024
17 Juli 2006, 16:07

Workshop Robotika PENS ITS, Peserta Melebihi Kuota

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Setiap tahun PENS ITS mengadakan pelatihan terbuka dengan tema yang berbeda. Kali ini PENS mencoba mengetengahkan Robotika sebagai salah satu tema workshopnya. Workshop robotika ini rencananya akan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, dimulai 19 Juli besok. Sebagaimana pelatihan tahun-tahun sebelumnya, workshop kali ini bertujuan mengenalkan PENS ITS ke luar dan sebagai wahana sharing teknologi.

Diungkapkan Setiawardhana ST selaku OC workshop robotika, ada beberapa alasan mengapa workshop kali ini mengangkat tema robotika. Di antaranya sebagai wujud usaha awal dari aplikasi teknologi informatika dan Artificial Intelegent (kecerdasan buatan) dalam lingkungan kampus. "Memang untuk kampus PENS sendiri tidak asing tentang robotika ini, namun akan berbeda jika robotika diperkenalkan ke luar kampus," katanya.

Buktinya, dikatakan dosen PENS ITS ini, dapat dilihat dari cukup banyaknya peminat dalam workshop robotika kali ini. "Belum sampai batas akhir pendaftaran, peserta yang mendaftarkan diri telah mencapai tiga puluh orang," katanya. Jumlah peserta itu lebih banyak dari kuota dua puluh orang yang ditetapkan panitia. Adapun rinciannya, dua puluh empat dari luar akademika ITS dan enam dari kampus ITS sendiri. Mereka terdiri dari beberapa elemen diantaranya, mahasiswa, dosen, dan engineer.

Tentang materi, nantinya akan diisi oleh Dr Ir Endra Pitowarno MEng. Pencetus ide PENS terjun dalam lomba robotika ini akan lebih banyak membahas tentang konsep bagaimana membangun sebuah robot. Dalam hal ini tak lepas dari proses pemrograman untuk membangun suatu sistem yang cerdas. Sehingga, untuk bagian hardware maupun aplikasi elektronika tak akan banyak dibahas secara detail.

Pada akhir sesi workshop, akan diadakan diskusi dengan robot Al-Ashry dan Genier sebagai acuannya. Ditambahkan Setiawardhana, dengan adanya diskusi ini diharapkan adanya masukan-masukan dari peserta yang tidak menutup kemungkinan dapat dijadikan ide pada pengembangan robot selanjutnya.

Selain workshop robotika, tahun ini PENS ITS juga menggelar workshop data maining yang juga akan diselenggarakan pada 18 Juli mendatang, selama tiga hari.(m1/asa)

Berita Terkait