ITS News

Minggu, 29 September 2024
27 Juli 2006, 16:07

Di Pimnas, ITS Adakan Workshop dan Lomba Robotika

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ada yang menarik di tengah-tengah stand ITS Pimnas XIX yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Malang ini. Sebuah robot yang menyerupai mobil dapat berjalan sesuai dengan rute yang ada. Rute ini terbuat dari kertas berwarna putih yang dibuat di atas kertas A2 berwarna hitam. Dan di tengah-tengah rute berjejer 3 trophy yang bertuliskan "Lomba Robotika ITS Pimnas XIX UMM 2006".

Ternyata di tengah-tengah kesibukan mengikuti PIMNAS XIX di Universitas Muhammadiyah Malang, para mahasiswa ITS masih menyempatkan untuk membagi ilmu tentang membuat robot. ITS mengadakan workshop robotika selama dua hari berturut-turut mulai hari Rabu (26/7).

Sedangkan pada hari Jumat (28/7) akan diadakan lomba membuat robot. Workshop dan lomba robotika ini diadakan oleh T-Rex, komunitas robotika di PENS ITS.

Workshop yang diadakan di Gedung Kuliah Bersama UMM lantai 6 ini dibuka untuk umum, tetapi lebih diutamakan siswa SMA. Workshop robotika ini berlangsung cukup ini singkat, hanya dua hari. "Ya…teorinya mudah, tapi selain teori ya harus berani mencoba juga, " ujar Hari Subagio, salah satu mahasiswa PENS ketika ditanya apakah mudah membuat robot

Untuk lomba robot, hanya dibatasi untuk 8 tim dan masing-masing tim terdiri dari 2 orang. Robot yang dilombakan ini bernama line tracer (robot pendeteksi garis). "Robot ini dibuat berdasar teori warna. Kalau warna terang/putih akan dipantulkan, sedangkan kalau warna gelap akan diserap. Di sini ada sensor warnanya," terangnya sambil menunjuk sensor pada robot itu.

Tak hanya warna putih saja yang dapat digunakan sebagai rute jalan, warna terang lainnya juga bisa. "Warna merah dan biru juga bisa," terang salah satu pembuat Al Ashry, robot yang dapat meniup lilin sendiri ini.

Karena peserta lomba tak dipungut biaya, maka hadiahnya pun bukan berupa uang. Hadiah yang disediakan panitia berupa trophy dan sertifikat. (m4/rif)

Berita Terkait