ITS News

Minggu, 29 September 2024
27 Juli 2006, 15:07

ITS Turut Ramaikan Lomba Poster PKM

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Salah satu agenda hari ketiga pelaksanaan PIMNAS kali ini, yaitu lomba poster PKM, cukup menarik minat pengunjung yang rata-rata berasal dari kalangan mahasiswa dan akademisi yang lain. Terlihat jelas, tiap tim berusaha menampilkan hasil karya dalam visualisasi yang menarik dengan memasang poster-poster dan hasil karya pada stand masing-masing yang digelar di gedung UMM DOME.

Satu stand tidak hanya digunakan oleh satu tim dari satu universitas saja, akan tetapi gabungan dari beberapa universitas yang mengambil bidang sama. Di salah satu stand PKMM, terlihat poster tim dari ITS bersanding dengan beberapa poster dari universitas lain. Dengan latar belakang biru, tertera judul Pemberdayaan Potensi Tuna Daksa Pada Panti Sosial Melalui Program Kurrikulum Persiapan Pembentukan Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Ketika ditanyai salah seorang pengunjung mengenai posternya, Thina Ardliana salah seorang anggota tim PKMM dari ITS mengatakan bahwa salah satu tujuan PKM-nya adalah untuk memberdayakan potensi pada tuna daksa.

"Bentuk keterampilan yang diajarkan berupa jahit menjahit dan berbagai pembekalan teknik produksi pakaian. Dan diharapkan dari pelatihan yang diberikan, dapat menggali dan mengoptimalkan minat dan keahlian sekaligus memberikan kesempatan kerja bagi para tuna daksa," kata Thina yang juga mahasiswa berprestasi tingkat institut ini.

Hasil karya para tuna daksa bimbingan tim PKMM ITS ini juga dipamerkan kepada pengunjung. Beberapa tampak tertarik dan menanyakan harga dari baju-baju tersebut. ”Wah untuk harga pastinya, semua kami serahkan ke penawaran pembeli, Bu. Ini semua nantinya akan digunakan sebagai modal awal bagi para komunitas tuna daksa,” katanya.

Pukul 13.00 waktu setempat, sebagian besar penjaga stand yang notabene merupakan anggota tim peserta meninggalkan stand masing-masing menuju Gedung Kuliah Bersama (GKB) untuk mempresentasikan karyanya di depan juri dan audien. Sayangnya pihak luar selain peserta bersangkutan dan pembimbingnya dilarang masuk, sehingga detail presentasi tidak bisa dinikmati umum.

Dalam kategori lomba PKM, di Pimnas kali ini ITS mengikuti semua bidang PKM. Tampak beberapa judul dengan banner ITS pada poster, di beberapa stand PKM. Selain Pengabdian Masyarakat, ITS mengikuti bidang-bidang lain seperti bidang Penelitian, Kewirausahaan, dan Teknologi. ”Hanya tim dari PKMI saja yang tidak punya stand di sini. Jadi mereka langsung presentasi di depan juri,” ungkap salah seorang tim PKMPT dari ITS. Adapun keputusan juara pada kategori lomba PKM akan diumumkan tanggal 29 Juli mendatang.

Perolehan sementara, ITS berhasil mengantongi tiga gelar juara yaitu Juara I pada lomba Fotografi oleh Yunardho Fortana dengan karya berjudul Pendidikan Akhirat. Pada kategori lomba karikatur, ITS meraih juara lewat karya berjudul Labirin, oleh Bondan Gail Saputra. Kemudian pada
kategori Poster non PKM, karya dengan judul Lihat Lebih Dekat oleh Ratna Amalia berhasil meraih gelar juara II. (m2/asa)

Berita Terkait